nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Makanan Wajib di Menu Orang Indonesia

Grivy.com, Jurnalis · Kamis 14 April 2016 14:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 04 14 298 1362822 10-makanan-wajib-di-menu-orang-indonesia-pdVDJea25q.jpg Nasi goreng (Foto: juliegoodwin.com.au)

KONON, orang Indonesia tidak bisa hidup tanpa makanan-makanan berikut ini. Anda pilih nomor berapa saja?

1. Sambal
Sambal sebenarnya merupakan makanan pelengkap untuk menemani menu-menu utama. Namun justru tanpa kehadirannya, makanan seolah menjadi hambar. Serunya, Indonesia yang memiliki sekian wilayah di dalamnya memiliki berbagai jenis sambal yang berbeda-beda tergantung karakteristik daerahnya.

2. Mi
Menu satu ini seolah seperti nasi bagi kebanyakan orang Indonesia, sebagai makanan pokok. Baik mi buatan sendiri, racikan, sampai mi instan menjadi favorit mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Menu-menu asli Indonesia yang menjadi favorit antara lain mi ayam dan mi bakso. Bahkan menu tersebut juga menjadi favorit orang asing yang datang ke Indonesia.

3. Bakso
Terbuat dari daging giling yang dibentuk bulat-bulat, ditambahkan mie, dalam kuah kaldu lezat, dan disantap panas-panas adalah keistimewaan makanan satu ini.     

4. Nasi Goreng
Nasi goreng termasuk salah satu menu paling banyak dipesan bule saat traveling ke Indonesia. Dengan bumbu dasar bawang merah, bawang putih, dan cabe yang ditumis, kemudian ditambahkan bumbu dan isian lain lalu diberi topping telur ceplok, membuat makanan satu ini tak kuasa untuk ditolak. Apalagi, di musim penghujan seperti sekarang ini. Pesohor dunia yang tercatat sangat menggemari menu ini adalah Barack Obama dan Shahrukh Khan!
 
4. Soto

Makanan berkuah ini memiliki kekhasan sendiri tergantung dari mana daerahnya berasal. Misalnya, soto dari Betawi atau Medan memiliki kuah santan sementara dari Pulau Jawa pada umumnya berkuah bening. Isinya juga bisa macam-macam, mulai dari daging ayam, sapi, sampai jeroan atau bagian dalam.   

5. Gado-gado
Sering disebut-sebut sebagai salad lokal, gado-gado berisi campuran macam-macam sayuran yang disantap dengan saus kacang. Terkadang dilengkapi dengan telur rebus dan disantap dengan lontong bahkan nasi.


6. Sate
Tak hanya Madura, bahkan Padang pun memiliki menu sate yang masing-masing punya keunikan tersendiri dan sangat berbeda 180 derajat! Kalau sate Madura pada umumnya dibakar dengan kecap kemudian disantap dengan bumbu kacang, sate Padang memiliki kuah kental yang terbuat dari tepung beras plus bumbu khusus seperti kunyit dan jintan. Masing-masing sama enaknya dan pantas jadi rebutan!
 
7. Siomay
Lagi-lagi ditemani dengan bumbu kacang, siomay yang terbuat dari daging ikan adalah kudapan mantap untuk mengganjal perut Anda di saat kritis. Akulturasi budaya terbukti pada makanan ini karena siomay sering dikenal sebagai dimsum versi Indonesia.

8. Pempek
Makanan asal Palembang ini menawarkan rasa unik dan lezat berkat perpaduan antara bahan ikan yang dipakai dengan kuah cuka asam pedas saat menyantapnya.

9. Martabak
Pancake versi Indonesia ini memiliki dua jenis rasa, yaitu gurih dan manis yang sama-sama menempati posisi kudapan paling juara. Kalau yang rasa gurih berisi daging ayam atau sapi namun tak ketinggalan telur bebek sebagai pemersatunya, sementara yang manis hadir dalam banyak pilihan rasa seru-seru.  

10. Nasi Bakar
Konon, orang Indonesia belum merasa makan kalau belum menyantap nasi. Tak heran varian yang diciptakan dari nasi pun beragam, mulai dari nasi goreng sampai nasi bakar. Menu nasi bakar merupakan menu yang menggugah selera karena dibakar dalam bungkusan daun pisang menjadikan wanginya begitu menggoda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini