nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kejar Target 20 Juta Wisman, Ini Keunggulan Indonesian Weekend London

Tuty Ocktaviany, Jurnalis · Kamis 14 April 2016 15:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 04 14 406 1362876 kejar-target-20-juta-wisman-ini-keunggulan-indonesian-weekend-london-5txtEhq9Cs.jpg Indonesian Weekend London mengunggulkan lifestyle khas Tanah Air (Foto: Shutterstock)

MENGGAET sebanyak 20 juta wisatawan mancanegara (Wisman) ke Indonesia pada 2019, menjadi keseriusan dari pemerintah dengan mendukung penuh setiap event yang dihelat di luar negeri. Indonesian Weekend London, salah satunya.

Indonesia Weekend London menjadi event bergengsi yang diharapkan bisa menggaet turis Eropa dan dunia sebanyak-banyaknya, agar datang ke Indonesia. Mengambil lokasi-lokasi di Potters Field Park, taman yang indah dengan ikon terkenal London, Tower Bridge di tepi Sungai Thames, acara ini akan berlangsung pada 28-29 Mei 2016.

“Acara Indonesian Weekend akan banyak memperkenalkan kekayaan Nusantara. Mulai dari pariwisatanya, musik, fesyen, kuliner, serta seni dan budaya. Ini men-trigger semuanya, seperti kumpulan atau rangkuman kecil industri Indonesia yang dipamerkan di London,” tutur Ali Charisma, national chairman Indonesian Fashion Chamber sekaligus salah satu penggagas acara dalam wawancara khusus dengan Okezone di kawasan Senayan, Jakarta.

[Baca juga: Indonesian Weekend 2016, Surganya Tanah Air di London]

Ali menegaskan, bahwa yang diunggulkan dalam acara ini adalah lifestyle-nya Indonesia. Sehingga tidak bisa mengabaikan salah satu komponen, karena seluruhnya saling terkait.

“Ini bisa menunjukkan sisi modern kontemporer Indonesia, tetapi tidak meninggalkan akar budaya Nusantara yang berasa di London,” tambah desainer yang berbasis di Bali ini.

Menurut Ali, selama event berlangsung, tidak hanya turis London atau Eropa yang akan hadir, tetapi dunia.

[Baca juga: Indonesian Weekend London, Kuliner Nusantara Semakin Bersinar]

“Kebetulan di London saat itu ada long weekend, sehingga kami berharap bisa menggaet turis, minimal 20 ribu setiap hari,” tambah Ali Charisma.

Dengan banyaknya turis yang datang, kesempatan Indonesia dikenal secara luas bukan menjadi isapan jempol belaka. Sehingga ini menjadi peluang emas bagi Indonesia bisa mengejar target 20 juta Wisman datang ke Indonesia pada 2019.

Acara ini digagas Komunitas Bangga Indonesia di Inggris, Indonesia Fashion Chamber, DitaliCiptaKreatif, dan Your Audience. Lalu didukung pula dengan banyak pihak, seperti Kementerian Pariwisata, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pemda Jawa Tengah, Elhijab, para desainer ternama, musisi Dwiki Dharmawan, Chef Degan dan Silat Nusantara, antara lain Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman.

Melalui Kementerian Pariwisata, ini pertama kali Indonesia menyewa lahan Potters Field yang menjadi venue acara. Lokasi acara Indonesian Weekend adalah tempat panoramik London, di tepi Sungai Thames dengan latar Tower Bridge dan the Tower of London.

Selama acara berlangsung, area Potters Field seluas 6.000 meter persegi akan diisi dengan panggung utama bertuliskan ‘Wonderful Indonesia’.

(tty)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini