nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Penting Harus Rutin Cek Buah Zakar

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 15 April 2016 12:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 04 15 481 1363615 alasan-penting-harus-rutin-cek-buah-zakar-kyDyfeitZC.jpg Cek kesehatan buah zakar cegah kanker testis (Foto: Mymedholiday)

BILA Anda sering menganaktirikan buah zakar Anda daripada batang Mr P, Anda perlu waspada suatu waktu. Keanehan yang Anda rasakan di daerah tersebut sebaiknya tidak diabaikan, karena bila Anda memiliki faktor risiko kanker, kanker testis bisa jadi penyebabnya.

Faktanya, kanker testis banyak mengancam laki-laki yang masih berusia sangat muda, antara 20-34 tahun. Survei National Cancer Institute's Surveillance, Epidemology, and End Results Program (SEER) juga menunjukkan bahwa hampir 80 persen kasus kanker testis terjadi pada lelaki sebelum usia 45 tahun.

Lalu keanehan seperti apa yang patut dicurigai sebagai kanker? Benjolan yang keras dan tidak berbentuk pada organ testis, juga perubahan bentuk dan tekstur bisa menjadi tanda adanya kanker. Kanker testis juga bisa digejalai dengan keanehan di payudara dan cairan yang dikeluarkan puting laki-laki, kata urolog dari Klinik Cleaveland, Ryan Berglund.

"Laki-laki bisa merasakan payudara membengkak dan nyeri karena salah satu hormon kanker testis memproduksi human chorionic gonadotropin (HCG), sejenis hormon yang dapat merangsang pertumbuhan payudara," katanya, seperti dikutip dari Menshealth, Jumat (15/4/2016).

Secara umum, menurut Ryan, kanker testis biasanya tidak menyakitkan, sehingga kanker yang tidak dideteksi bisa menyebar kapan saja seiring waktu. Jika kanker telah menyebar ke daerah atau organ lain seperti usus, tulang belakang, atau paru-paru, Anda mungkin mengalami gejala seperti sakit perut, sakit punggung, hingga batuk berdarah.

Namun, keanehan yang Anda rasakan saat meraba testis Anda tidak selalu kanker. Bentuk keanehan dan pembengkakan testis, menurut Ryan, juga bisa disebabkan masalah yang lebih sederhana, seperti varikokel. "Jika testis Anda tampak membesar dan berat hal ini juga bisa mengindikasikan varikokel atau pembengkakan pembuluh darah di testis," tambahnya.

Disebutkan Ryan, 10 sampai 15 persen laki-laki bisa memiliki kondisi ini dan umumnya tidak menimbulkan banyak masalah. Namun varikokel, menurut Ryan, bisa mempengaruhi jumlah sperma yang dihasilkan dengan membuatnya 41 persen lebih rendah daripada lelaki normal tanpa varikokel.

Benjolan yang terasa di buah zakar juga bisa diakibatkan kista pada epididimis (saluran yang menghubungkan testikel ke vas deferens. Kondisi ini bisa memicu rasa sakit karena testikel menjadi terpelintir atau membengkak.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk memastikan semuanya dan menghilangkan kekhawatiran? Satu-satunya jalan yang bisa dilakukan adalah mengunjungi dokter dan melakukan pemeriksaan ultrasound atau USG.

(hel)

Berita Terkait

Kesehatan Seksual Pria

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini