Garpu Canggih Bisa Bikin Makanan Terasa Asin

Dinno Baskoro, Jurnalis · Rabu 20 April 2016 03:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 19 298 1367176 garpu-canggih-bisa-bikin-makanan-terasa-asin-ocecoKZYFH.jpg Garpu bisa bikin rasa makanan jadi asin (Foto:Mashable)

TAK hanya gula, tapi garam juga kerap dihindari untuk dicampurkan dalam makanan karena alasan kesehatan. Sadar akan hal tersebut, sebuah perusahaan di Jepang menciptakan garpu canggih yang bisa bikin makanan terasa asin meski tanpa garam.

Sepertinya, electric folk ini akan jadi terobosan gadget kuliner canggih pada 2016. Pasalnya, lidah si penikmat makanan dapat merasakan asin ketika tombolnya ditekan.

Dikutip dari laman Mashable, Rabu (20/4/2016). Garpu canggih ini dikembangkan oleh para peneliti di Universitas Tokyo dan sejumlah restoran pop up di Negeri Sakura.

Rasa asin itu dipicu oleh arus listrik kecil yang dihasilkan dari generator yang terdapat pada garpu. Tak hanya asin, rupanya garpu ini juga mampu meniru rasa asam, pahit, dan sensasi rasa logam, yang mirip dengan umami.

Meski demikian, garpu tersebut tidak cocok digunakan untuk menyantap dessert manis. Pasalnya, elektrik yang dihasilkan dapat memudarkan rasa manis dari sajian penutup.

Namun sayang, garpu belum diproduksi masal dan hanya bisa digunakan di restoran pop up Jepang yang bekerja sama dengan proyek penelitian tersebut.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini