nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Desainer Peduli Kain Indonesia

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Kamis 21 April 2016 05:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 04 20 194 1368344 3-desainer-peduli-kain-indonesia-JkDf0MLcp0.jpg Desainer peduli kain (Foto: Okezone)

EMANSIPASI wanita bukanlah hal yang mudah buat diperjuangkan. Untuk perjuangan kaum wanita dalam menyetarakan gender terkadang butuh pengorbanan yang besar.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Raden Ajeng Kartini. Kehidupan kaum wanita saat ini jauh lebih baik dibanding sebelumnya. Sebagai “Kartini masa kini” tentunya bukan hanya bisa menerangkan konsep dari emansipasi saja. Akan tetapi, spirit Kartini juga harus ditanamkan untuk selalu berprestasi dalam segala bidang, tanpa melupakan fitrahnya sebagai seorang wanita. Seperti halnya yang telah dilakukan desainer Obin, Lenny Agustin dan Anne Avantie. Seperti apa jasa-jasa mereka di bidangnya? Berikut ulasannya.

1.Obin

SOSOK Kartini masa kini yang sukses dalam industri mode Indonesia lainnya adalah Josephine Komara atau yang akrab disapa Obin. Obin memulai hobinya mengoleksi kain-kain vintage dari seluruh Indonesia sejak tahun 1970-an.

Pencarian Obin untuk menemukan helaian kain antik untuk koleksinya, menyadarkan Obin bahwa kekayaan warisan Indonesia dalam bidang tenun dan proses pencelupan tradisional semakin tenggelam ditengah-tengah maraknya produksi skala besar yang menggunakan mesin. Meski sebenarnya beberapa pengrajin senior busana tradisional masih ada dan berjuang untuk tetap mempertahanan tradisi.

Namun, sayangnya sebagian menyerah atau sudah tidak mampu lagi untuk melanjutkan pekerjaan karena usia yang lanjut. Tetapi, Obin tidak tinggal diam dan meratapi pudarnya seni berharga Indonesia itu, ia lalu memberikan harapan baru dalam industri dying-handmade. Dengan hanya beberapa pemintal dan penenun saja, Obin dan timnya mulai merancang dan membuat pakaian di akhir tahun 1970-an.

Kemudian, di tahun 1986, Obin membuka BIN house sebagai toko pertamanya di Jakarta, yang tidak lama kemudian diikuti oleh pameran-pameran di Jepang dan tentu saja Indonesia. Tahun berikutnya, BIN house mengikuti International Textile Design Contest yang diselenggarakan di Tokyo, Jepang, dan memenangkan juara pertama dari karyanya, yaitu ikat piece yang sepenuhnya ditenun menggunakan tangan.

Saat ini, pembuatan batik adalah fokus utama dari BIN house, dengan Obin yang tidak pernah berhenti untuk melanjutkan pencarian dan eksperimennya dalam pembuatan batik. Wanita berperanakan Tionghoa itu selalu membuat busana dengan hati. Oleh karena itu, tak heran jika koleksi rancangannya selalu menarik dan mewah.

Obin mengaku tidak memiliki patokan dalam merancang sejumlah busana. Apa yang lahir dari dalam hatinya, Obin utarakan melalui busana dan ukiran batik di atas selembar kain yang dirancang sendiri dengan tangannya.

2. Lenny Agustin

NAMA Lenny Agustin mungkin masih terbilang pemain baru di jagad fesyen Tanah Air. Namun, kehadirannya dapat memberi suasana baru penuh warna dalam dunia industri mode Indonesia.

Ya, perancang busana dengan gaya rambut pendek warna-warni ini tidak hanya memiliki penampilan yang nyentrik. Dalam hal rancangan busana, Lenny kerap bermain warna yang sama nyentriknya dan mencolok mata.

Lenny Agustin memulai karirnya di dunia fashion sejak muda. Namanya mulai dikenal ketika ia menjadi juara utama pada Lomba Merancang Busana Perkawinan Internasional tahun 2003.

Kecintaannya pada kekayaan budaya Nusantara, seperti ragam tekstil, upacara adat, kesenian tradisional, hingga kerajinan tangan membuat ibu dari tiga orang anak ini selalu memasukkan unsur lokal pada karyanya. Dalam pemilihan material, ia menyukai batik, tenun, sarung, lurik, songket, yang dikombinasikan dengan aplikasi-aplikasi unik yang menjadi ciri khasnya.

Kini, Lenny Agustin sudah mengembangkan karyanya melalui empat lini busana. Diantaranya adalah Lenny Agustin, Lenny Agustin Bridal, Lennor, dan Waw. Meski setiap lini busana memiliki perbedaan, tetapi seluruhnya memiliki benang merah yang sama, yakni funky.

Tampilannya pun unik, playful, menginspirasi, serta terlihat modis saat dikenakan. Karyanya tidak hanya dapat dikenakan dalam acara-acara khusus melainkan juga sebagai busana sehari-hari.

3. Anne Avantie

SIAPA yang tidak mengenal sosok Anne Avantie? Desainer kebaya ini memang memiliki karya yang sudah dikenal luas hingga ke mancanegara.

Anne Avantie dapat dikatakan sebagai contoh Kartini masa kini yang sukses. Berasal dari Semarang, Jawa Tengah, sosok Anne Avantie telah melahirkan sejumlah karya yang luar biasa.

Kariernya sebagai perancang busana dimulai sejak tahun 1989. Minatnya pada dunia mode sudah ditunjukkan sejak duduk di bangku sekolah dasar. Namun, ia tidak memiliki kesempatan untuk mengecap perguruan tinggi. Alhasil, pemilik nama lengkap Sianne Avantie itu mempelajari secara otodidak. Bakat dan kemauannya yang nyata menghantarkannya kini menjadi sosok panutan dalam fashion kebaya Indonesia.

Selain sebagai perancang mode yang handal, ibu dari tiga orang anak ini tidak lupa untuk berbagi terhadap sesama. Pengagum Bunda Theresa itu membangun rumah singgah “Wisma Kasih Bunda” yang berkolaborasi dengan Rumah Sakit St. Elizabeth, Semarang, Jawa Tengah.

Tidak lupa, wanita kelahiran 20 Mei 1964 itu kerap membagi ilmunya melalui pelatihan, workshop keterampilan dan kewirausahaan kepada semua kalangan. Atas jasanya tersebut, pada tahun 2005 dan 2008 Anne Avantie menerima penghargaan ‘Kartini Award’ dari Ibu Ani Bambang Yudhoyono.

Kini, perjalanan karier wanita yang kerap disapa Bunda Anne tersebut hampir menginjak 27 tahun. Dalam dunia mode, Anne telah berhasil melahirkan busana rancangan dengan label namanya sendiri, toko busana siap pakai Batiken, memiliki butik Roemah Penganten yang terletak di Grand Indonesia Mall, serta Toko Pendopo yang banyak merangkul para penggiat Usaha Kecil Menengah. Bahkan, belum lama ini, Anne meluncurkan lapak jualan online, www.anneavantiemall.com, yang bertujuan untuk membantu memperluas pemasaran berbagai produk kreatif berkualitas karya UKM di seluruh Indonesia di bawah payung brand Anne Avantie.

Anne Avantie adalah sosok Kartini masa kini yang menyerahkan segenap hatinya untuk berkarya. Kreasi dan inovasinya adalah titisan jiwa yang menghantarkan Anne menjadi begitu inspiratif. Tidak hanya di industri mode Indonesia, namun juga memberikan kepedulian agar hidupnya dapat menjadi saluran berkat bagi banyak orang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini