Siput Gong-gong, Kelezatan Khas Kepri yang Membius Lidah

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 20 April 2016 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 20 298 1368206 siput-gong-gong-kelezatan-khas-kepri-yang-membius-lidah-SzIwoKXYre.jpg Siput gong gong (Foto:okezone)

BERBAGAI jenis siput dan keong banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku masakan terutama pada masakan tradisional. Salah satu yang populer adalah siput gong-gong yang banyak dijadikan olahan makanan.

Eliza, salah satu anggota PKK Kepulauan Riau (Kepri) mengatakan siput gong-gong banyak dijadikan masakan karena mudah ditemui di sepanjang pesisir pantai. "Di pinggir pantai banyak sekali siput ini. Dicari saat air surut, pasirnya dikeruk pakai sekop nanti banyak ada di dalam pasir," kata Eliza saat ditemui di Jakarta.

[Baca juga: Ayam Taliwang, Awalnya Jajanan Kaki Lima Kini Mulai Mendunia]

Siput gong-gong ini banyak diolah jadi masakan misalnya ditumis, direbus, atau dijadikan kerupuk. "Kalau di Kepri masyarakatnya makan ini bisa buat camilan bisa juga buat lauk," lanjut Eliza.

Teksturnya yang kenyal dan rasa yang gurih jadi alasan siput gong-gong banyak digemari. Selain itu, kandungan gizi yang tinggi membuat siput gong-gong cocok disantap anak-anak diusia pertumbuhan.

Jika tak bisa menyantapnya dalam keadaan segar, siput ini juga tersedia dalam bentuk olahan kerupuk sehingga bisa dijadikan oleh-oleh untuk pengunjung dari luar kota.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini