nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesian Weekend 2016, Begini Strategi Mencuri Perhatian Turis London

Tuty Ocktaviany, Jurnalis · Rabu 20 April 2016 12:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 04 20 406 1367734 indonesian-weekend-2016-begini-strategi-mencuri-perhatian-turis-london-Zm9TsXI8tz.jpg Indonesian Weekend 2016 siap jemput 300 ribu turis Inggris (Foto: Dok IW)

INDONESIA akan mencuri perhatian dengan menggelar event internasional di Kota London, Inggris, pada Mei mendatang. Diberi nama Indonesian Weekend 2016, event ini diharapkan secara signifikan memberikan dampak terhadap promosi kepariwisataan Tanah Air.

[Baca juga: Indonesian Weekend 2016, Surganya Tanah Air di London]

Indonesian Weekend memang menjadi salah satu event andalan di luar negeri yang bisa memancing turis agar singgah ke Tanah Air. Hal ini lantaran berbagai acara dari berbagai bidang akan dihadirkan untuk diperkenalkan kepada turis dunia, khususnya London. Mulai pariwisatanya, musik, fesyen, kuliner, hingga seni dan budaya.

Dengan digelarnya Indonesian Weekend di London, tentunya banyak hal yang bisa dipelajari dari berbagai industri pendukung pariwisata dalam negeri. Hal ini sebagaimana disampaikan I Gede Pitana, deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata RI, saat dihubungi Okezone.

[Baca juga: Kuliner Nusantara Semakin Bersinar di London]

“Tentu ada promosi yang ‘in cooperated’ lintas kementerian dan industri. Diharapkan Indonesian Weekend ini akan memberi dampak yang signifikan terhadap promosi kepariwisataan Indonesia,” tutur I Gede Pitana kepada Okezone.

Event ini memang untuk pertama kalinya digelar di London. Meski demikian, sambung I Gede Pitana, Indonesian Weekend diharapkan bisa meningkatkan citra pariwisata Indonesia di pasar Inggris dan Eropa pada umumnya.

[Baca juga: Ini Keunggulan Indonesian Weekend London]

“Target wisatawan mancanegara (wisman) tahun ini adalah 12 juta orang. Dengan adanya Indonesian Weekend diharapkan dari pasar Inggris memberikan kontrisbusi wisman sebesar 300 ribu orang,” jelasnya.

Memang tidak mudah memenuhi target tersebut, namun strategi selalu diterapkan Kemenpar agar sasarannya tepat. Menurut I Gede Pitana, strategi yang diterapkan oleh Kemenpar tidak hanya berpromosi langsung di semua negara fokus pasar, tetapi juga “memancing di dalam kolam ikan”.

[Baca juga: Chef Degan Bicara soal Popularitas Kuliner Indonesia]

“Keikutsertaan Kemenpar pada kegiatan Indonesia Weekend merupakan wujud implementasi dari kedua strategi tersebut,” tuturnya.

Indonesian Weekend akan mengambil lokasi di Potters Field Park, taman yang indah dengan ikon terkenal London yakni Tower Bridge di tepi Sungai Thames. Acara ini berlangsung pada 28–29 Mei 2016 dan melibatkan banyak pihak, seperti Kementerian Pariwisata, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pemda Jawa Tengah, Elhijab, para desainer ternama, musisi Dwiki Dharmawan, Chef Degan, serta para pesilat Nusantara yakni Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman.

[Baca juga: Indonesian Weekend 2016 Jemput 300 Ribu Turis Inggris]

Selama acara berlangsung, area Potters Field seluas 6.000 meter persegi akan diisi panggung utama bertuliskan ‘Wonderful Indonesia’.

Untuk mengetahui update berita mengenai Indonesian Weekend 2016, selalu kunjungi kanal lifestyle.okezone.com, yang secara khusus akan melaporkan dari London.

(tty)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini