nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyakit yang Merenggut Nyawa R.A Kartini

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 21 April 2016 08:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 04 20 481 1368382 penyakit-yang-merenggut-nyawa-r-a-kartini-2lqVg7ceFg.jpg R.A Kartini meninggal dunia karena preeklampsia (Foto: Ist)

PERJUANGAN Raden Ajeng Kartini terus membekas di benak wanita Indonesia sampai sekarang. Namun, tak banyak yang mengetahui cerita kehidupan R.A Kartini saat melahirkan anak pertamanya hingga meninggal dunia.

Berdasarkan catatan sejarah, R.A Kartini meninggal dunia setelah proses persalinan putra pertamanya, Raden Mas Soesalit Djojoadhiningrat pada tanggal 17 September 1904.

Ketika proses persalinan Soesalit, R.A Kartini mengalami preeklamsia. Empat hari kemudian R.A Kartini meninggal dunia.

Preeklamsia sendiri merupakan salah satu komplikasi kehamilan yang paling berbahaya. Preeklamsia dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius, bahkan kematian terhadap bayi dan bayi.

Karena itu, sangat penting untuk menyadari gejala preeklamsia. Seperti dikutip dari Parentherald, preeklamsia umumnya dimulai setelah minggu ke-20 kehamilan.

Diperkirakan, preeklamsia disebabkan oleh kekurangan pasokan darah ke rahim. Selain itu, menurut Mayo Clinic, preeklampsia juga bisa disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah dan gangguan sistem kekebalan tubuh.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini