nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Tampilan First Impression agar Sukses Interviu

Marieska Harya Virdhani, Jurnalis · Kamis 21 April 2016 17:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 04 21 194 1369128 begini-tampilan-first-impression-agar-sukses-interviu-JnM0N71Vfp.jpg Tampilan first impression harus diperhatikan agar sukses interviu (Foto: Shutterstock)

BERBAGAI hal penting harus dipersiapkan saat pertama kali datang memenuhi panggilan (interviu) pekerjaan. Penampilan pakaian dan fisik, tentu sangat menunjang nilai plus dari pihak pewawancara.

Berbagai tips pakaian office look yang dapat dipersiapkan utamanya membuat Anda merasa nyaman dan percaya diri. Pemilihan pakaian dan warna juga menjadi daya tarik tersendiri. Asal jangan terlalu berlebihan, sesuai dengan lokasi, dan jenis kantor yang akan melakukan interviu.

“Dengan tingginya tingkat persaingan di dunia kerja, menurut saya para calon pelamar harus memiliki nilai jual lain, misalnya professional image. Ketika pelamar memiliki angka prestasi yang sama, pribadi yang lebih menarik akan lebih mudah meyakinkan perusahaan untuk memilih dirinya,” kata News Anchor dan Cosmopolitan Men 2010 Zulfikar Nagih saat Bus G2000 menggelar roadshow Goes to Campus di Kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Kamis (21/4/2016).

Zulfikar menambahkan, menarik dalam hal ini adalah kesan pertama (first impression) menjadi kunci bagi pelamar kerja. Pemilihan busana profesional hingga bagaimana membawa pribadinya ke dunia kerja.

Ia memberikan empat contoh penampilan busana perempuan dan pria menggunakan koleksi G2000. Salah satunya busana kerja pria menggunakan slim-fit dengan warna maskulin, seperti warna hitam, putih, dan biru untuk memberikan penampilan kesan gagah. Busana kerja pria dengan menggunakan celana yang loose atau tidak begitu ketat untuk menampilkan kesan mapan. Selain itu, untuk busana kerja di industri kreatif terlihat lebih santai.

“Untuk perempuan di industri kreatif dapat menggunakan kemeja dengan cardigan atau sweater sebagai outer untuk pengganti blazer,” jelasnya.

Direktur Retail PT Trisula Internasional, Dina Sungkar menjelaskan, selain latar belakang pendidikan, gaya busana untuk wawancara dan curriculum vitae yang baik juga penting diperhatikan.

“Ini persiapan penting memasuki dunia kerja. Kami menyasar mahasiswa untuk menjadi inspirasi bagi mereka sebagai bekal ke depan,” tutupnya.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini