nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rahasia Sukses Berbisnis bagi Wanita

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Jum'at 22 April 2016 18:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 04 22 196 1370094 rahasia-sukses-berbisnis-bagi-wanita-PRG36XJgQq.jpg Ilustrasi entrepreneur (Foto: Startupmindset)

MENJADI wanita wirausaha saat ini seakan seperti tren. Banyak sekali wanita yang sudah terdorong untuk berwirausaha. Bahkan, tak sedikit yang mempunyai bisnis dengan omzet mencapai miliaran rupiah.

Menurut data studi The Asia Foundation menemukan bahwa di Indonesia, usaha kecil menengah (UKM) menyerap setidaknya sekira 96 persen dari keseluruhan tenaga kerja yang tersedia di pasar, di mana sepertiga dari jumlah UKM tersebut dimiliki dan dikelola oleh wanita.

Namun, tak dipungkiri meski zaman kian maju dan berkembang, wanita kini bebas berkarya tanpa batasan apa pun, tetap saja gap antara wanita dan pria dalam tim manajerial sebuah usaha masih terasa. Ini juga yang turut dirasakan oleh Presiden Direktur Pratama Group, Liana Trisnawati.

Profesinya yang memimpin sebuah perusahaan trading yang besar, bukanlah profesi yang lazim bagi wanita. Menurut pengalamannya sangat sulit bagi wanita untuk masuk dalam jajaran manajerial atas seperti direktur apabila tidak benar-benar dikenal oleh banyak orang dan menunjukkan kualitas.

Networking itu penting sekali. Dari mana Anda mendapatkan networking? Ya dari komunitas, oleh sebab itu bagi wanita wirausaha harus deh tergabung dalam setidaknya dua sampai tiga komunitas bisnis. Ada yang komunitas bisnis campuran (wanita dan pria), yang paling banyak pria dan komunitas yang memang khusus beranggotakan wanita,” ungkap Liana disela konferensi pers program kepemimpinan dan penghargaan, EY Entrepreneurial Winning Woman 2016 di Jakarta, Jumat (22/4/2016).

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini