FOTO: Sate Maranggi Purwakarta Gegerkan Filipina

Santi Andriani, Jurnalis · Jum'at 22 April 2016 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 22 298 1369733 foto-sate-maranggi-purwarkarta-gegerkan-filipina-BXwBBnwYmV.jpg Ilustrasi sate maranggi (Foto:Ceritamakan)

EMPAT kuliner Indonesia diboyong ke festival jajanan kaki lima dunia di Manila, Filipina. Salah satunya adalah sate maranggi dari Purwakarta.

Ini adalah kali pertama sate maranggi meramaikan World Street Food Congress (WSFC) 2016 yang berlangsung 20-24 April 2016. Pakar kuliner Indonesia, William Wongso menyebut, kehadiran sate maranggi mengemparkan selera bersantap masyarakat Filipina.

"Sate maranggi Purwakarta menggegerkan selera masyrakat Filipin dalam dlm...,' tulis William Wongso dalam caption foto yang diunggah di Instagramnya, williamwongso.

Gerai sate maranggi yang mendapat kesempatan adalah milik Hajjah Yetty di Cibungur yang merupakan pionir sate maranggi di Purwakarta. Sate maranggi adalah sate daging sapi yang merupakan makanan nasional bagi masyarakat Purwakarta.

Sate maranggi ini bisa menjadi camilan atau menu utama bersantap. Biasa disuguhkan lima sampai 10 tusuk dalam seporsinya. Sebelum ditusuk dan dibakar, daging sudah dibumbui dengan bumbu dan rempah khas Indonesia. Disantap dengan cacahan tomat dan cabai serta jeruk nipis.

[Baca juga: FOTO: Cara Mudah & Praktis Potong Semangka]

Bahkan dalam foto lainnya yang diunggah William Wongso, tampak hadir pula Bupati Purwakarta, Dedy Mulyadi dan istri, juga Dubes KBRI Manila, Johnny Lumintan bersama istri untuk memberi support bagi kesuksesan kuliner khas Indonesia dalam ajang tersebut.

Selain sate maranggi, adalah Ayam Taliwang Bersaudara dari Lombok, Bali BBQ Ribs milik Warung Sunset dari Bali dan martabak pizza Markobar dari Solo yang turut meramaikan event kuliner tersebut.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini