nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TOP FASHION 5: 2 Pahlawan Kecantikan di Indonesia

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Sabtu 23 April 2016 13:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 04 23 194 1370711 top-fashion-5-2-pahlawan-kecantikan-di-indonesia-UHclt8u3NA.jpg Pahlawan kecantikan (Foto: Okezone)

MIRISNYA nasib perempuan pada masa lalu seharusnya bisa dijadikan pelajaran penting bagi perempuan era modern sekarang ini. Sudah seharusnya perempuan pada masa sekarang ini tidak lupa pada sejarah perjuangan Kartini.

Seperti perjuangan yang telah dilanjutkan oleh kedua pahlawan kecantikan yaitu Dr Deby Vinski dan Martha Tilaar. Berikut ulasan karya dan jasa kedua wanita hebat ini

1.Dr. Deby Vinski

SOSOK Kartini yang satu ini dikenal sebagai Queen of Anti-Aging di Indonesia. Ia adalah dr. Deby Vinski.

Tokoh wanita Indonesia dengan prestasi luar biasa ini merupakan pelopor kedokteran anti-aging di Indonesia. Berkat konsistensi dan prestasinya yang mendunia, berbagai penghargaan pun tiada henti diraihnya. Tak ayal, ia kian mengharumkan nama Indonesia di mancanegara. 

Pada 2013 silam, dr. Deby meraih suatu titel bergengsi, yakni sebagai pemimpin organisasi anti-aging dunia. Dokter Deby dinobatkan menjadi President WOCPM (World Council for Preventive, Regenerative, and Anti-Aging Medicine), yang berpusat di Paris, Prancis. Sebagai pemimpin organisasi tersebut, ia bertugas untuk mengontrol dan menetapkan sistem pengobatan anti-aging di berbagai negara.

Kontrol tersebut diperlukan lantaran semakin maraknya klinik kecantikan yang mengatasnamakan klinik anti-aging. Padahal, untuk melabeli diri sebagai klinik anti-aging tidak bisa sembarangan. Dokter Deby bertugas mengontrol hal tersebut di 50 negara, di antaranya Australia, Malaysia, Jerman, Prancis, Belanda, Amerika, Inggris dan tentu saja Indonesia.

Sebelum menjadi President WOCPM, wanita berparas cantik itu memiliki jabatan yang banyak. Dokter Deby Vinski juga menjabat sebagai Direktur Perfect Anti-Aging Clinic, President of Institute of Aesthetics & Anti-Aging Medicine (IAAM), dan Humas Indonesian Anti-Aging Society (PASTI/PERPASTI).

Saat ini, dokter Deby telah memiliki tiga tempat praktik, yaitu di Permata Hijau, Jalan Taman Gandaria, serta Casa Deby Vinski, di kawasan Pondok Indah. Ketiga tempat perawatan tersebut menyediakan perawatan anti-aging yang lengkap.

2. Martha Tilaar

SIAPA yang tidak mengenal Martha Tilaar? Seorang Kartini sukses di masa kini sekaligus pemilik Martha Tilaar Group, sebuah grup usaha industri jamu dan kosmetika dengan produk merek dagang Sariayu Martha Tilaar yang sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Awalnya, ibu dari empat orang ini sempat melakukan pendidikan kecantikan di Amerika Serikat. Disana ia belajar banyak hal tentang dunia kecantikan dan juga kosmetik. Selepas masa kuliahnya, Martha langsung menerapkan apa yang ia dapatkan semasa kuliah dengan membuka sebuah salon kecil di Amerika.

Perjuangannya menjalankan salon pertamanya tersebut tidaklah mudah. Ia mencari pelanggan dengan cara promosi dari pintu ke pintu. Menawarkan jasa salon kecantikannya kepada istri para mantan dosen serta para wanita Indonesia atau istri pejabat Indonesia yang ikut ke Amerika. Dari situ pelan namun pasti, usahanya tersebut berkembang bahkan sudah mendapat nama di antara para ibu pejabat yang ada di sana. Usaha dan kerja keras yang ia tunjukkan nyatanya berbuah manis.

Begitu sampai di Tanah Air, wanita kelahiran Kebumen, Jawa Tengah, itu mencoba membuka toko salon pertamanya di Tanah Air, tepatnya di bekas garasi rumah sang ayah di tahun 1970.

Kesempatan besar datang ketika dirinya mendapatkan tawaran kerja sama dari Theresia Harsini Setiady, yang merupakan salah satu petinggi PT Kalbe Farma. Ia ditawari kerjasama pengembangan produk kosmetik miliknya dengan bantuan proses produksi dari perusahaan farmasi besar tersebut dalam bentuk sebuah perusahaan bernama PT Martina Berto. Bak gayung bersambut, jadilah ia menjalin kerjasamanya tersebut.

Setelah berjalan selama beberapa tahun pengembangan, tidak disangka beberapa produk Sariayu Martha Tilaar ternyata mendapatkan respon yang luar biasa dari para konsumen lokal. Dan dengan sentuhan kreativitas Martha mengambil tema kecantikan alami dari tiap daerah di Indonesia, semakin menjadikan keunikan tersendiri dari produk-produk Sariayu Martha Tilaar.

Menjadi pengusaha wanita yang sukses dan dengan hasil yang sangat besar tidak lantas menjadikan ia lupa diri. Martha Tilaar terus memberikan kontribusinya dengan memberdayakan wanita Indonesia agar lebih kreatif dan mandiri. Bahkan hingga saat ini 70% dari total pekerja Martha Tilaar Group adalah wanita.

Satu pesan yang selalu ditanamkan oleh seorang Martha Tilaar adalah dengan fokus pada satu bidang yang dijalani dan jangan pernah menyerah untuk menggapainya. Tidak ada yang tidak mungkin jika yakin dan berusaha, dan hal tersebut sudah dibuktikan dengan perjalanan hidupnya hingga meraih kesuksesan besar saat ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini