nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jaga Kualitas, Ini Beda Perawatan Sapi Pedaging dengan Perah

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Minggu 24 April 2016 11:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 04 24 298 1371016 jaga-kualitas-ini-beda-perawatan-sapi-pedaging-dengan-perah-C9EpP390Ou.jpg Susu sapi (Foto:Shutterstock)

SEBAGAI negara penghasil daging dan susu sapi berkualitas, Selandia Baru punya teknik sendiri dalam menangani sapi-sapi yang diternaknya. Sapi pedaging atau sapi yang diperuntukkan untuk dikonsumsi dagingnya dipisahkan dan dibedakan dengan sapi perah yang biasa diambil susunya.

Hal ini dikatakan Tim Anderson, Trade Commissioner for New Zealand Trade & Enterprise Indonesia saat ditemui di Jakarta. "Ada peternakan khusus sapi perah dan ada yang khusus sapi pedaging, keduanya dipisah dan memang berbeda,” kata Tim yang fasih berbahasa Indonesia ini.

Tim lanjut menjelaskan, sapi pedaging biasanya dilepas di alam bebas dan mencari makan sendiri di padang rumput yang luas, sedangkan sapi perah dirawat dengan dimanjakan. “Yang untuk pedaging dilepas bebas, kalau sapi perah dikandangkan dan dimanjakan, kadang dipijat supaya tidak stres,” lanjut Tim.

New Zealand memiliki sapi yang ukurannya besar sehingga jumlah daging yang dihasilkan juga banyak, selain itu dagingnya juga termasuk salah satu yang premium. Demikian juga susu sapinya.

(ndr)

Berita Terkait

Daging

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini