Bukan Siomay atau Bakpao, Ini Dimsum Tradisional China

Dinno Baskoro, Jurnalis · Selasa 26 April 2016 11:25 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 26 298 1372764 bukan-siomay-atau-bakpao-ini-dimsum-tradisional-china-b5p77LPZA1.jpg Chong fan, dimsum tradisional China (Foto:Dinno/Okezone)

DIMSUM selalu jadi menu favorit yang disuguhkan restoran bergaya Chinese. Diantara banyak varian dimsum, ada satu jenis dimsum tradisional khas China yang cukup unik, yakni chee cheong fun atau biasa disebut chong fan.

"Chong fan itu dimsum tradisional China," jelas Arief Abdillah, Executive Chef Hotel Red Top Jakarta kepada Okezone, belum lama ini.

Bahan dasar pembuatan dimsum klasik ini hampir sama seperti dimsum pada umumnya. Yaitu penggunaan adonan tepung beras dan campuran sagu sebagai bahan utama.

Yang jadi pembeda adalah cara membuatnya menggunakan kukusan bambu yang beralaskan kain yang dipanaskan. Kemudian adonan dibentuk lembaran tipis, diisi berbagai paduan dan dilipat selagi panas.

Bentuknya agak persegi panjang membentuk lipatan. Dimsum jenis ini lebih nikmat jika disantap dalam keadaan panas.

"Isinya banyak, bisa pakai udang, daging, cakwe, babi, ayam, sapi lada hitam dan lain sebagainya," tambah dia.

Satu lagi yang menjadi ciri khas dimsum chong fan adalah campuran saus yang khas. Paduannya terdiri dari soy sauce, jahe dan minyak wijen.

"Dimsum chong fan ciri khasnya dari saus yang digunakan. Aroma sausnya tidak hanya kecap asin, tapi ada aroma ginger dan wijen," pungkasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini