Di Negeri Asalnya Dimsum Chong Fan Jadi Menu Utama

Dinno Baskoro, Jurnalis · Selasa 26 April 2016 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 26 298 1373054 di-negeri-asalnya-dimsum-chong-fan-jadi-menu-utama-msJIsh1rKX.jpg Chong fan, dimsum tradisional China (Foto:Burpple)

TAK seperti jenis dimsum lain yang kerap jadi hidangan pembuka atau sajian pendamping. Dimsum jenis chee cheong fun atau chong fan bisa jadi makanan utama.

Pasalnya, dimsum chong fan terbuat dari bahan baku yang mirip dengan kwetiau, yakni tepung beras dan campuran sagu. Karena itu dimsum jenis ini cukup untuk mengisi perut yang sedang lapar.

"Dimsum chong fan bisa jadi menu pembuka dan menu utama juga," ujar Arief Abdillah, Executive Chef hotel berbintang di Jakarta, kepada Okezone.

[Baca Juga: Lembutnya Dimsum Tradisional China, Chong Fan]

Lanjutnya, kata dia, jika ingin dijadikan kwetiau. Lembaran tersebut dipotong panjang hingga membentuk lembaran pipih namun agak tebal.

Namun chong fan sedikit berbeda. Masih dalam bentuk lembaran panas, adonan tepung ini diisi dengan berbagai macam isian, seperti udang, daging, sayur hingga cakwe.

"Beda sama hakau, siomay, chicken feet yang dijadikan pendamping. Kalau chong fan bisa jadi makanan utama layaknya kwetiau dan disajikan dengan saus khas," pungkasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini