nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Luar Biasa, Korea Punya Lebih 200 Varian Kimchi!

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 27 April 2016 19:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 04 27 298 1374274 luar-biasa-korea-punya-lebih-200-varian-kimchi-NMUHCAb4cC.jpg Kimchi (Foto:Maangchi)

KOREA tak hanya terkenal lewat boy band dan serial dramanya saja, kuliner korea juga banyak disukai masyarakat. Kimchi adalah satu makanan khas asal Negeri Ginseng yang kini mudah ditemui di banyak tempat khususnya di kota besar di Indonesia.

Kimchi yang paling popular adalah kimchi sawi, tapi ternyata ada ratusan jenis kimchi di negeri asalnya, Korea. Hal ini dikatakan Chef Sunmin Han, chef asal Korea yang menyebut ada lebih dari 200 varian kimchi dan olahannya. Tapi yang paling terkenal adalah kimchi sawi.

[Baca Juga: Wow Ada 20 Kimchi di Festival Kimchi, Buruan Datang!]

"Hampir semua jenis sayuran bisa dibuat kimchi mulai dari tomat, daun bawang, terung, pokchoy bahkan berbagai jenis cabai," kata Sunmin saat ditemui di acara Kimchi Festival di Kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Korea di Jakarta.

Ratusan varian kimchi tersebut diakui Sunmin hanya untuk yang tradisional saja dan belum termasuk olahan dari bahan kimchi. Kreatifitas yang tidak terbatas membuat olahan kimchi makin beragam, Sunmin menyebut nasi goreng kimchi dan sup kimchi sebagai contoh olahan dari kimchi.

Festival kimchi yang digelar Kedubes Korea, Rabu (27/4/2016) menghadirkan berbagai makanan khas korea yang diantaranya adalah kimchi. Setidaknya ada 20 varian kimchi yang dipamerkan dalam acara ini.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini