FOTO: Donita Berbagi Keluh Kesah Perah ASI

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 27 April 2016 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 27 481 1373584 foto-donita-berbagi-keluh-kesah-perah-asi-qst8EYRusz.jpg Donita berbagi keluh kesah perah ASI (Foto: Instagram)

AIR Susu Ibu (ASI) merupakan asupan utama bayi hingga berusia 6 bulan. Semua ibu kini berlomba menyusui buah hatinya agar tumbuh kembangnya maksimal, tak terkecuali artis cantik Donita.

Di tengah kesibukannya, wanita 27 tahun asal Bandung ini masih sempat memberikan ASI eksklusif kepada buah cintanya, Athariz Alfarizqi Svarga Nugroho yang berusia 5 bulan.

Setiap hari, dia rela memompa ASI di mana saja dan dalam kondisi apapun untuk memenuhi kebutuhan gizi sang anak. Donita pun berbagi tips agar mendapatkan ASI lancar lewat sosial media.

"Banyak yang nanya dan meminta tips.. Maaf ga bs balas satu persatu.. Menurut saya, ASI itu rezeky.. Alhamdulillah rezeky @donitasvargadapet ASI dari momma nya cukup, bahkan berlebih.. Kalau ditanya tips.. Makanan apa, minum apa, atu pakai breast pump apa? Makan saya normal.. Makan buah, daging (kalsium), susu rendah lemak, nasi merah, dan sedikit sayur (kurang suka sayur), serta banyak minum air putih.. Saya ple pemompa electric karena kalau pke manual memakan waktu yg lama.. Saya selalu berusaha mengosongkan pd setelah anak menyusu..," ujarnya lewat akun Instagram @donitasvarga.

Banyak yang nanya dan meminta tips.. Maaf ga bs balas satu persatu.. Menurut saya, ASI itu rezeky.. Alhamdulillah rezeky @donitasvarga dapet ASI dari momma nya cukup, bahkan berlebih.. Kalau ditanya tips.. Makanan apa, minum apa, atu pakai breast pump apa?  Makan saya normal.. Makan buah, daging (kalsium), susu rendah lemak, nasi merah, dan sedikit sayur (kurang suka sayur), serta banyak minum air putih.. Saya ple pemompa electric karena kalau pke manual memakan waktu yg lama.. Saya selalu berusaha mengosongkan pd setelah anak menyusu.. Memurut dokter ASI diproduksi sesuai permintaan dan kebutuhan abyi.. Karena saya jg kadang bekerja, saya harus mempersiapkan asi perah untuk baby, agar saat saya kerja dia masih bisa dikasi ASI.. Jadi buat para momma ga usah khawatir atau berkecil hati kalau ASIP nya kurang banyak.. Yang penting bayi sehat dan kebutuhannya tercukupi.. Bahkan bagi para momma yang memberikan baby nya sufor.. Jangan berkecil hati atau merasa kurang maksimal.. Perjuangan seorang ibu tidak diukur dr pemberian ASI saja, tetapi masih banyak element penting lainnya.. Menurut saya happy lah yang paling penting.. Karna beberapa waktu lalu saya pernah kecapean dan panik akibat svarga batuk, ASI saya berkurang.. Memberikan ASI bukan hal yang mudah, cukup melelahkan, begadang, kesakitan karena lecet, dan drama2 lainnya.. DUKUNGAN SUAMI sangat penting,, karna jika tidak didukung, kita merasa beban dan sendirian.. Alhamdulillah saya punya suami yang luar biasa, dia selalu berusaha mendampingi saya disaat saya tengah memberikan ASI.. Setiap saya mau menyusui atau memerah.. Suami saya selalu menyodorkan minum.. Tak jarang sembari saya memerah, suami memijat punggung saya demi kelancaran ASi seperti yang pernah dicontohkan dokter dan bidan.. Kami berdua sepakat bahwa kami adalah tim.. Jadi diaaat saya mengantuk tapi harus terbangun untuk menyusui,, saya menyusui sambil duduk namun merem, dan suami saya menjaga dan memegangi baby agar tidak jatuh saat saya terkantuk.. Trimakasih suami tercinta @adinugroho_st sang ayah hebat dan luar biasa .. Love u 💕😘.. Buat para momma tetap semangat yah..

A photo posted by Donita Nugroho (@donitabhubiy) on


Donita percaya, bila seorang ibu punya niat memberikan ASI kepada bayinya, dalam keadaan apapun, meski sang ibu bekerja. Ia pun telah membuktikan hal tersebut selama ini.

"Menurut dokter ASI diproduksi sesuai permintaan dan kebutuhan bayi.. Karena saya jg kadang bekerja, saya harus mempersiapkan asi perah untuk baby, agar saat saya kerja dia masih bisa dikasi ASI.. Jadi buat para momma ga usah khawatir atau berkecil hati kalau ASIP nya kurang banyak.. Yang penting bayi sehat dan kebutuhannya tercukupi.. Bahkan bagi para momma yang memberikan baby nya sufor.. Jangan berkecil hati atau merasa kurang maksimal.. Perjuangan seorang ibu tidak diukur dr pemberian ASI saja, tetapi masih banyak element penting lainnya..," tambahnya.

Dia juga percaya jika peran sang ayah sangat mendukung keberhasilan pemberian ASI eksklusif. Ia sangat bangga dengan suaminya, Adi Nugroho, setiap saat mau membantu kelancaran memerah ASI dengan senang hati, meski terkadang menjadi satu hal yang melelahkan.

"Menurut saya happy lah yang paling penting.. Karna beberapa waktu lalu saya pernah kecapean dan panik akibat svarga batuk, ASI saya berkurang.. Memberikan ASI bukan hal yang mudah, cukup melelahkan, begadang, kesakitan karena lecet, dan drama2 lainnya.. DUKUNGAN SUAMI sangat penting,, karna jika tidak didukung, kita merasa beban dan sendirian.. Alhamdulillah saya punya suami yang luar biasa, dia selalu berusaha mendampingi saya disaat saya tengah memberikan ASI.. Setiap saya mau menyusui atau memerah.. Suami saya selalu menyodorkan minum.. Tak jarang sembari saya memerah, suami memijat punggung saya demi kelancaran ASi seperti yang pernah dicontohkan dokter dan bidan.. Kami berdua sepakat bahwa kami adalah tim.. Jadi diaaat saya mengantuk tapi harus terbangun untuk menyusui,, saya menyusui sambil duduk namun merem, dan suami saya menjaga dan memegangi baby agar tidak jatuh saat saya terkantuk.. Trimakasih suami tercinta @adinugroho_st sang ayah hebat dan luar biasa .. Love u 💕😘.. Buat para momma tetap semangat yah..," tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini