Share

Waspada, Tabir Surya Bisa Akibatkan Pria Tidak Subur

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 27 April 2016 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 27 481 1374210 waspada-tabir-surya-bisa-akibatkan-pria-tidak-subur-d5gjbjTU5I.jpg Pemakaian tabir surya sebabkan pria tidak subur (Foto: Parentherald)

PENGGUNAAN tabir surya dianggap sebagai pertahanan terbaik terhadap kanker kulit. Namun, sejumlah studi baru menyebutkan tabir surya dapat membuat pria tidak subur.

Sifat kimia yang ditemukan dalam tabir surya efektif menyaring sinar ultraviolet dapat mempengaruhi dan melemahkan sperma. Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of Copenhagen mengungkapkan, bahan kimia pada tabir surya dapat menganggu produksi endokrin. Kemudian, komponen kimia tersebut dapat mempengaruhi ion kalsium yang pada akhirnya berdampak terhadap fungsi sel sperma.

Penyebab pria tidak subur: Cara bahan kimia tabir surya mempengaruhi sperma

Peneliti menguji 29 tabir surya yang biasa digunakan di Eropa dan Amerika Serikat terhadap sperma yang menirukan sistem reproduksi wanita. Setidaknya 45 persen dari spesimen mengalami peningkatan ion kalsium dan peneliti melihat bagaimana hal ini mempengaruhi mobilitas sperma.

Para peneliti mengatakan bahwa bahan kimia tabir surya bekerja seperti progesteron, yaitu hormon wanita. Progesteron alami mempengaruhi sperma, karena membantunya mengikat sel telur.

"Hasil ini menjadi perhatian dan mungkin menjelaskan sebagian mengapa infertilitas begitu umum terjadi," kata penulis utama studi Neils Skakkebaek melalui Science Daily yang dikutip Parentherald, Rabu (27/4/2016).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini