Begini Cara Tepat Diskusi Seks dengan Anak

Vessy Frizona, Jurnalis · Rabu 04 Mei 2016 22:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 04 196 1380340 begini-cara-tepat-diskusi-seks-dengan-anak-FR2ktGxE5o.jpg Pola asuh (Foto: Huffingtonpost)

DEWASA ini sudah banyak orangtua sadar mengenai pentingnya pendidikan seks untuk anak. Namun, mereka takut memulai dan tidak tahu apa yang harus dikatakan pada anak mengenai seks. Lantas, bagaimana cara mudah orangtua berdiskusi tentang seks dengan anak?

Melansir dari Familyshare, Rabu (4/5/2016), berikut ini tips mengedukasi tentang seks yang benar pada anak.

Pertimbangkan bagaiamana Anda memandang seks

Tanyakan pada diri sendiri, "Bagaimana saya belajar seks?", "Apakah orangtua mengajarkan seks?", "Apakah nyaman membicarakan seks di rumah?", Jika dari pertanyaan itu ada yang membuat khawatir, maka selesaikan dulu masalah tersebut. Setelah itu percaya diri Anda akan meningkat dan membuat komunikasi dengan anak lebih baik.

Jangan memberi jawaban singkat

Ketika anak bertanya, "mengapa wanita hamil?", beri informasi yang tepat darimana bayi berasal. Pendidikan seks adalah proses seumur hidup. Bicaralah secara terbuka tanpa canggung.

Positif dan komunikatif

Ciptakan suasana agar anak nyaman bertanya tentang seks. Tempat terbaik anak belajar seks adalah orangtuanya sendiri. Orangtua yang bicara tentang seks lebih dini pada anak sebenarnya membantu anak terhindar dari seks bebas dan kekerasan seks.

Gunakan istilah bagian tubuh yang benar

Anda mungkin tergoda menggunakan istilah bagian tubuh dengan bahasa gaul karena canggung menggunakan bahasa biologis. Tapi, cara ini salah dan sama sekali tidak membantu anak mengetahui informasi tentang seks. Ketika anak bertanya bayi berasal dari mana, jangan menjawab dari telur. Katakan dari perut ibu dan keluar melalui vagina.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini