5 Langkah Cegah Dehidrasi Selama Liburan

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Kamis 05 Mei 2016 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 05 481 1381053 5-langkah-cegah-dehidrasi-selama-liburan-xM5h4g6hZQ.jpg Dehidrasi buat liburan kurang menyenangkan (Foto: Thehealthsite)

ACAP kali sengatan matahari dan udara yang panas membuat tubuh semakin berkeringat. Pasti tak ingin tubuh Anda kekurangan cairan, bukan? Penting untuk menjaga tubuh tetap hidrasi, terutama ketika Anda sedang bepergian.

Dr Daljeet Kaur, Head Nutritionist, Fortis Escorts Heart Institute, mengatakan bahwa dehidrasi dan sengatan matahari memang persoalan umum yang dialami kebanyakan orang, terutama bagi Anda yang kerap beraktivitas di siang hari. Keringat yang keluar dapat mengurangi cairan elektrolit tubuh seperti sodium dan potassium. Bagaimana pun seseorang harus memperhatikan agar tubuh tidak kekurangan air.

Berikut ini saran yang bisa Anda jalankan agar tubuh tetap terjaga selama musim panas, melansir dari laman Thehealthsite (5/5/2016):

Berteduhlah

Jangan biarkan tubuh Anda berjalan di siang hari dan tersengat sinar matahari, carilah tempat bernaung. Namun, ada baiknya tidak berteduh langsung di bawah AC, agar tubuh dapat melakukan pendinginan secara bertahap.

Penyesuaian Suhu Tubuh

Anda bisa bersantai beberapa waktu di dalam ruangan dan menunggu tubuh menyesuaikan diri dengan suhu kamar.

Gunakan Pelindung Ini

Mengenakan penutup kepala, syal, atau pakaian katun saat bepergian bukanlah hal yang rumit untuk menghindari sengatan matahari. Tak lupa bawa kacamata hitam untuk melindungi mata Anda dari sinar matahari.

Payung

Tak hanya di musim hujan saja Anda membutuhkan payung, tetapi juga musim panas untuk meredam teriknya matahari ketika Anda sedang berjalan kaki di siang hari.

Sabar, Jangan Mandi Dulu

Betul, tahan keinginan Anda untuk membilas tubuh cepat-cepat. Langkah terbaik ialah minum air putih atau minuman lainnya untuk menjaga tubuh tetap hidrasi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini