nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

14 Ribu Wisatawan Padati Gua Pindul Yogyakarta

ant, Jurnalis · Jum'at 06 Mei 2016 18:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 05 06 406 1381951 14-ribu-wisatawan-padati-gua-pindul-yogyakarta-HqHwCMsXLD.jpg Gua Pindul di Yogyakarta (foto: initempatwisata.com)

YOGYA - Desa Wisata Gua Pindul, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dipadati wisatawan yang mencapai 12 ribu hingga 14 ribu orang setiap hari pada libur panjang pekan ini.

Petugas retribusi Desa Wisata Bejiharjo Wasdiyanto di Gunung Kidul, mengungkapkan selama dua hari terakhir rata-rata kunjungan mencapai 12 ribu hingga 14 ribu wisatawan, hal ini meningkat cukup signifikan dibandingkan hari biasa yakni 2.000-an orang.

"Jumlah pengunjung mengalami kenaikan hingga enam kali lipat dibandingkan hari-hari biasa, yang biasanya hanya 2.000-an orang," kata Wasdiyanto, Jumat, (6/5/2016).

Ia memperkirakan hari Jumat ini dan Sabtu (7/5) merupakan puncak kunjungan wisatawan ke Gua Pindul. Pada Minggu (8/5) biasanya digunakan untuk kembali ke daerahnya masing-masing. "Kemungkinan hari ini dan besuk merupakan puncak kunjungan," ucapnya.

Wasdiyanto mengatakan pihaknya mencatat sebagian besar pengunjung berasal dari luar Kota DIY, hal itu terlihat dari plat nomor kendaraan yang digunakan berasal dari Jakarta, Bandung, dan wilayah Jawa Tengah. "Sebagian besar berasal dari luar daerah," katanya.

Kabid Pengembangan Produk Wisata Disbudpar Gunung Kidul Hary Sukmono mengungkapkan pihaknya menargetkan 200 ribu wisatawan untuk semua destinasi wisata.

Sementara untuk destinasi wisata yang ditarik retribusi sebanyak 160 ribu wisatawan dengan target pemasukan sebanyak Rp900 juta hingga Rp1 miliar. "Tergetnya 200 ribu kunjungan wisatwan selama empat hari libur, dengan puncak kunjungan pada hari Sabtu besuk," katanya.

Untuk memaksimalkan penarikan retribusi, pihaknya menambah jumlah personel. Sebanyak tiga personel tambahan disiapsiagakan untuk satu tempat retribusi. Selain itu, pengamanan dari personel kepolisian juga ditambahkan. "Untuk mengantisipasi peningkatan kunjungan, kami menambah personel," katanya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini