nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ambil Langkah Ini saat Anak Jadi Korban Bullying

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2016 07:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 05 11 196 1385145 ambil-langkah-ini-saat-anak-jadi-korban-bullying-ELT3blkYDa.jpg Anak trauma karena kasus bullying (Foto: Shutterstock)

MASALAH bullying di sekolah memang masih menjadi masalah yang kompleks. Kita semua tahu, baru-baru ini terjadi kembali kasus bullying yang melibatkan siswi SMA negeri di Jakarta.

Bila anak atau ada sanak saudara Anda yang menjadi korban bullying, segera tangani dengan cara-cara berikut ini.

Tetap tenang

Ingatlah untuk tetap tenang menghadapi hal ini. Ambil napas dalam-dalam ketika berita ini sampai ke telinga Anda. Setelah itu, segera cari bukti untuk melindungi anak Anda untuk kemungkinan terburuk ke depannya.

Jangan salahkan anak Anda

Apa pun yang Anda lakukan, jangan pernah menyalahkan anak karena telah menjadi korban. Karena dengan kata lain, Anda menyebutnya lemah. Jangan juga membiarkan saudara-saudara menjadikan hal yang tak mengenakan ini menjadi bahan candaan atau ejekan.

Tetap berempati

Ingat, anak yang di-bully akan menjadi lebih sensitif. Tetap empati kepada anak Anda, bahkan di hari-hari buruknya.

Hubungi pihak sekolah

Jika Anda benar-benar merasa bahwa situasi tersebut berisiko, langsung ambil tindakan yang menurut Anda benar. Hubungi sekolah yang mempunyai otoritas untuk menghentikan pelaku bully terhadap anak Anda. Pahami situasi dengan baik dan ambil tindakan hati-hati demi keselamatan anak Anda. Demikian dilansir Boldsky, Selasa (10/5/2016).

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini