nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Palembang Mulai Perkuat Wisata MICE

Santi Andriani, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2016 14:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 05 11 406 1385511 palembang-mulai-perkuat-wisata-mice-g5hbkxuux1.jpg Wisata MICE di Palembang diperkuat (Foto: Santi Andriani)

Palembang memiliki pariwisata untuk mendukung wisata MICE. Untuk menjadi destinasi wisata MICE, Palembang memang harus bekerja keras.

Bersama dengan 15 daerah lainnya, Kota Palembang sejak 2014 ditetapkan oleh Kementrian Pariwisata sebagai 16 destinasi wisata bisnis yang meliputi Meeting, Incentive, Conference dan Exhibition (MICE) ini.

Bahkan pada 2016, Palembang bersama Medan, Batam, Solo, Bandung, dan Jakarta sebagai enam destinasi MICE yang diprioritaskan.

Namun rangking Palembang sebagai daerah destinasi wisata bisnis masih jauh tertinggal dari daerah seperti Bandung, Medan dan Yogyakarta.

Hasil studi yang dilakukan Kementrian Pariwisata (Kemenpar) pada 2015 tentang kajian daerah destinasi MICE, menunjukkan bahwa Kota Pempek ini berada di urutan tiga dari bawah.

"Jadi kalau ada 16 destinasi MICE, Kota Palembang berada di rangking 13, ini masih sangat jauh. Palembang belum dikenal oleh peta destinasi MICE dunia," kata Dananjaya Axioma, Director Association of National Tourist Office Representatives in Japan (ANTOR-JAPAN) dalam Forum Group Discussion (FGD) Kunjungan Lapangan Destinasi MICE Palembang, Senin (9/5/2016).

Sementara masih berada di rangking teratas dan diakui peta destinasi MICE dunia yaitu Bali dan Jakarta. Disusul berada pada lapisan ke dua yaitu Yogyakarta, Bandung, Surabaya dan Batam.

Wisata MICE sebagai wisata bisnis patut dipertimbangkan sebagai salah satu upaya untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan ke daerah tersebut. Hal ini mengingat dalam rangkaian wisata bisnis ada lima hal penting.

Danan menyebut, pertama, jumlah peserta yang biasanya sangat banyak, kedua, pengeluaran transaksi yang tinggi, ketiga, masa tinggal yang lebih lama, keempat, media coverage yang lebih luas dan kelima yaitu self promotion yang lebih cepat.

Maka secara otomatis ini akan berdampak pada meningkatnya transaksi ekonomi sebagai pemasukan daerah.

Kota Palembang sendiri, menurut Danan, sebenarnya sudah memiliki potensi pariwisata, baik alam maupun sejarah yang bisa mengangkat Palembang sebagai destinasi wisata MICE.

Sesuai jenis wisatanya, maka yang paling terpenting adalah kemampuan Palembang menyediakan tempat pertemuan dan juga akses yang baik untuk menjangkaunya.

Sebagai destinasi wisata leisure yang meliputi shopping, budaya dan adventure, lanjut Danan, Kota Palembang sudah memenuhi. Namun sebagai destinasi MICE, Palembang belum memenuhi empat komponen tersebut.

"Perlu upaya keras yang harus dilakukan Palembang. Karena dengan potensi wisata leisure yang dimiliki, Palembang setidaknya bisa sejajar dengan second layer, seperti Yogyakarta, Bandung, Surabaya dan Batam," kata Danan.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini