Kuah Beulangong, Tradisi Kuliner Aceh Turun Temurun

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 12 Mei 2016 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 12 298 1386784 kuah-beulangong-tradisi-kuliner-aceh-turun-temurun-IvZP7tJ6Pa.jpg Kuah Beulangong, tradisi kuliner Aceh turun temurun (Foto: Okezone)

BANYAK kuliner Aceh patut dicicipi. Mulai dari makanan berkuah, pedas, hingga santan. Salah satunya kuah beulangong.

Sebagai satu kuliner yang wajib dicicipi, di event Festival Culinary Aceh 2016 dibagikan ratusan porsi kuah beulangong secara gratis.

Hari ini dalam event Festival Culinary Aceh 2016 yang digelar di Lapangan Blang Padang Banda Aceh masyarakat bergotong royong bersama membuat kuah beulangong.

Puluhan kilo daging sapi diolah menggunakan wajan besar yang disebut beulangong atau dalam bahasa Indonesia berarti belanga.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Aceh, Reza Pahlevi mengatakan kuah beulangong adalah kuliner khas Aceh yang resepnya diwariskan turun menurun.

"Ini bukan hanya makanan tapi ada tradisinya. Kuah beulangong ini dibuat hanya saat hari raya atau upacara adat saja. Siapa ke Aceh harus coba ini" kata Reza kepada Okezone, baru-baru ini.

Reza juga mengatakan hari ini akan ada 20 belanga yang akan mengolah masakan ini dan semua yang mengolah adalah para lelaki. "Disini kesempatan buat wisatawan untuk coba makanan khas Aceh di satu tempat," pungkasnya.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini