Hindari Makanan Ini jika Kadar Trigliserida Tinggi

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 12 Mei 2016 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 12 481 1386333 hindari-makanan-ini-jika-kadar-trigliserida-tinggi-wHsuIDiXye.jpg Hindari daging merah jika trigliserida tinggi (Foto: Boldsky)

TINGGINYA trigliserida menjadi faktor risiko berbagai penyakit, seperti diabetes, ginjal dan hati. Karena itu, Anda harus memperhatikan pola diet makanan sehari-hari yang bisa menyebabkan trigliserida melonjak.

Trigliserida adalah jenis lemak dalam darah hasil uraian tubuh pada makanan berlemak dan kolesterol yang telah dikonsumsi serta dibentuk di organ hati. Trigliserida dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi, tetapi jika berlebih dapat membahayakan kesehatan.

Ketika Trigliserida naik, maka kolesterol pun mengikuti, sehingga menempatkan seseorang pada risiko sejumlah penyakit, termasuk diabetes, ginjal dan liver.

Salah satu penyebab trigliserida melonjak adalah makanan-makanan tertentu. Jadi, Anda harus menghindari makanan-makanan berikut ini untuk mencegah trigliserida melonjak:

Minuman manis

Minuman manis seperti es teh, soda, dan jus buah karena dapat membebani sistem organ tubuh dengan gula berlebih. Hindari minum minuman ini untuk menjaga kadar trigliserida tetap normal.

Lemak jenuh

Mentega, produk susu tinggi lemak dan daging merah dikemas dengan lemak jenuh yang dapat meningkatkan trigliserida. Menghindari makanan-makanan tersebut agar kadar kolesterol Anda juga tetap normal.

Alkohol

Takut trigliserida tinggi adalah alasan lain untuk menjauh dari alkohol. Hanya minum beberapa gelas minuman beralkohol dapat langsung meningkatkan kadar trigliserida Anda secara drastis.

Daging berlemak tinggi

Tidak semua daging baik untuk kesehatan. Karena, beberapa daging mengandung tinggi lemak. Jadi, jika kadar trigliserida Anda telah tinggi, sebaiknya menghindari makan daging berlemak.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini