nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Chef Steby : Ini Kriteria Makanan Enak

Dinno Baskoro, Jurnalis · Minggu 15 Mei 2016 05:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 05 14 298 1388387 chef-steby-ini-kriteria-makanan-enak-4g28j4hMsS.jpg Chef Steby berikan rahasia makanan lezat (Foto: Dinno/Okezone)

MAKANAN enak tak hanya dilihat dari segi rasa. Chef Steby Rafael punya pemahaman sendiri akan makanan enak.

Menurutnya banyak faktor yang memengaruhi bahwa sebuah makanan layak disebut enak. Apa saja? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikatakan Chef Steby kepada Okezone di Bandung, Jawa Barat.

Tampilan menarik

Makanan enak harus harus bisa memuaskan banyak indera, termasuk indera penglihatan, alias mata. Makanan akan lebih menggugah selera jika punya tampilan yang 'eye catching'.

Aroma sedap

Dari mata, kemudian turun ke indera penciuman. Makanan enak sebaiknya memiliki aroma yang sedap serta menggugah selera.

Soal rasa

Cita rasa merupakan satu komponen penting dalam menentukan bahwa makanan itu enak atau tidak. Ketika tampilannya menarik dan aromanya sedap, tapi rasanya tidak sesuai harapan, justru hal tersebut bisa mengecewakan pelanggan.

Dampak dan manfaat

Sebaiknya makanan enak harus bermanfaat bagi tubuh. Hal itu bisa dirasakan setelah menyantapnya.

"Catat! Makanan enak tidak bikin sakit. Entah saat ditelan melalui tenggorokan sampai efeknya setelah makan itu. Makanan enak harus bermanfaat, sama saja bohong kalau makanan enak tapi habis makan langsung sakit perut," tegas Chef Steby.

Harga

Selain empat faktor di atas. Harga makanan sebaiknya ramah dikantong. Tidak terlalu mahal dan sesuai dengan target pasar dan kondisi pelanggan.

(hel)

Berita Terkait

makanan enak dan sedap

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini