Image

Rizal Ramli Imbau Warga Sumut Ikut Andil Promosikan Danau Toba

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Minggu 15 Mei 2016 14:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 05 15 406 1388868 rizal-ramli-imbau-warga-sumut-ikut-andil-promosikan-danau-toba-qdtFx9E22r.jpg Rizal Ramli imbau warga Sumut ikut andil promosikan Danau Toba (Foto: Annisa/Okezone)

SEKIRA 10 ribu orang yang berasal dari wilayah Jabodetabek, mengikuti Fun Walk for Wonderful Toba, Minggu pagi. Jalan sehat ini berlangsung pada car free day dengan rute dimulai dari Tugu Monas menuju Bundaran Hotel Indonesia dengan jarak sekira 2,4 kilometer dan berakhir kembali di Tugu Monas.

Acara yang diinisiasi oleh Komunitas Horas Halak Hiya (H3) yang bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata ini, diramaikan oleh hiburan musik seni adat Batak dengan penampilan alat seni tradisional gondang dan tarian tortor.

Dalam acara tersebut, turut hadir pula Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli. Di kesempatan itu, Rizal menyampaikan bahwa semua masyarakat, khususnya orang Batak, Sumatera Utara, perlu turut andil dalam promosi Danau Toba sebagai destinasi wisata dunia.

"Semua masyarakat harus berpartisipasi untuk mempromosikan Danau Toba, agar terkenal di dunia‎," kata Rizal dalam sambutannya di Fun Walk for Wonderful Toba, Minggu (15/5/2015).

Rizal menambahkan, khususnya kepada orang Batak yang berada di Jakarta atau daerah lainnya, agar kompak pulang kampung dan berwisata ramai-ramai ke Danau Toba. Dengan begitu, akan terdapat peningkatan pemasukan bagi daerah dan laju pertumbuhan ekonomi di sana.

"Misalnya, satu juta orang Batak pada perayaan Natal nanti, pulang kampung dengan habiskan uang Rp100 ribu di Danau Toba, itu sama dengan Rp100 miliar. Tapi minimal bawa uang Rp1 juta per orang, itu sama dengan Rp1 triliun," terangnya.

Fun Walk for Wonderful Toba ini merupakan bagian dari mendukung program pemerintah untuk pembangunan kawasan destinasi prioritas Danau Toba menjadi tujuan wisata kelas dunia.

Kegiatan tersebut merupakan Program Toba Internasional Detour (TID) yang bertajuk 'Horas Halak Hita'. ‎Rangkaian acara ini diawali dengan program Fun Walk for Wonderful Toba dan dilanjutkan dengan program lainnya, seperti Greatest Caldera Ride (program touring kendaraan motor gede dan scooter melintasi Sibolga Parapat Medan), Toba Granfondo program touring sepeda jarak panjang dengan jarak tempuh total sekira 2.500 km), Toba In Harmony (program budaya etnis batak).

"Kegiatan ini merupakan sebuah rangkaian, yang dimulai dari golf, jalan santai, motor gede, sepeda, maraton, dan pergelaran musik," ujar Aloysius Saragih, Ketua Panitia Fun Walk for Wonderful Toba.

Aloy berharap ajang jalan santai tidak hanya diadakan pada tahun ini saja. Melainkan juga menjadi kegiatan wajib yang dapat diadakan di tahun-tahun berikutnya.

Dalam acara Fun Walk ini, tidak hanya dihadiri oleh Menko Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli. Namun, juga dihadiri oleh Deputi Komisioner OJK, Dupoly, serta Pangkostrad Letjen Edy Rachmayadi. Sementara, Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan yang telah diundang tidak dapat menghadiri acara karena dikabarkan berada di Bali untuk menghadiri Munaslub Partai Golkar.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini