Ayam Tangkap, Kuliner Original Banda Aceh

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 17 Mei 2016 19:41 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 17 298 1390948 ayam-tangkap-kuliner-original-banda-aceh-JzrFV1IV3S.jpg Ayam tangkap, kuliner original Banda Aceh (Foto: Okezone)

MAKANAN tradisional tak ada tandingannya, apalagi saat menyantapnya di daerah asal. Sensasinya  terasa spesial.

Di Banda Aceh ada satu makanan khas yang tak boleh terlewatkan yakni ayam tangkap. Hidangan ini berupa ayam goreng yang diolah bersama daun pandan dan daun temurui khas Aceh.

Ayam yang digunakan adalah jenis ayam kampung, sebelum digoreng ayam ini direndam dalam air kelapa dengan maksud agar rasanya lebih gurih dan dagingnya menjadi empuk. Setelahnya baru digoreng dalam minyak panas dan banyak hingga matang.

Penyajiannya unik, seporsi ayam tangkap disajikan bersama tumpukan daun pandan dan daun temurui. Biasanya ayam ini dimakan bersama nasi putih sebagai santapan makan siang atau makan malam.

Rudi, salah satu pelayan resto mengatakan ayam tangkap ini makanan khas Banda Aceh. "Ini asli Banda Aceh, meskipun di daerah Aceh lain kadang ada tapi rasanya berbeda" kata Rudi kepada Okezone, baru-baru ini.

Satu lagi yang menjadi ciri khas adalah daun temurui yang digunakan. Daun ini hanya tumbuh di Aceh dan tidak bisa ditemui di daerah lain, itulah sebabnya makanan ini spesial.

Jika ke Banda Aceh, jangan lupa sempatkan diri untuk mampir dan mencicipi ayam tangkap. Hampir setiap restoran dan rumah makan di Banda Aceh menyuguhkan menu ini.

Untuk dapat menikmatinya, Anda cukup merogoh kocek senilai Rp50 ribu untuk tiap porsi ayam tangkap yang bisa dimakan bersama 2 hingga 3 orang. Tertarik?

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini