nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas, Ini 8 Efek Samping Menahan Lapar

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 17 Mei 2016 08:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 05 17 481 1390051 awas-ini-8-efek-samping-menahan-lapar-R70nbFxuKX.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

MASIH suka menahan lapar saat berkerja di kantor agar hemat? Sebaiknya jangan terlalu mengabaikan kebutuhan asupan tubuh Anda. Karena ada 8 efek samping menahan rasa lapar terhadap tubuh.

Berikut 8 efek samping menahan lapar saat berkerja di kantor yang dilansir dari Boldsky.

Energi terkuras

Energi Anda mungkin akan terkuras akibat menahan lapar terlalu lama di kantor. Karena itu, Anda mungkin akan merasa mengantuk dan bosan, sehingga mengganggu motivasi dalam berkerja.

Pingsan

Anda bisa saja pingsan ketika tubuh tidak berenergi dan kekurangan sumber daya yang cukup dari makanan. Hal inilah yang membuat kita harus makan dengan interval waktu yang reguler setiap hari.

Gagal fokus

Anda mungkin tidak dapat berpikir dengan baik ketika menahan lapar terlalu lama di kantor. Hal ini karena otak kekurangan asupan bernutirisi untuk menjalankan fungsinya. Akibatnya, mungkin Anda juga bisa kehilangan fokus saat berkerja.

Kinerja menurun

Kinerja Anda mungkin akan menurun akibat kekurangan energi untuk berpikir akibat menahan lapar terlalu lama di kantor. Jangan abaikan hal ini, karena secara bertahap akan mempengaruhi kesehatan.

Makan tidak sehat

Menahan rasa lapar terlalu lama dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Karena, ketika menahan rasa lapar, Anda cenderung makan makanan yang tidak sehat.

Makan berlebihan

Ketika rasa lapar diabaikan begitu lama, maka ini akan menyebabkan Anda makan berlebihan. Hal ini disebabkan oleh rasa ingin makan yang tertunda akibat menahan lapar.

Pengaruhi kadar gula darah

Kadar gula darah Anda mungkin akan terpengaruh jika waktu makan tidak teratur, apalagi menahan lapar. Ingat, kadar gula darah stabil jauh lebih aman.

Makan makanan berlemak

Ketika Anda menahan rasa lapar terlalu lama, maka itu akan membuat Anda ngidam makanan berlemak. Anda akan memilih makanan berlemak sebagai sajian pemuas rasa lapar. Hal ini dapat berdampak pada gula darah, kolesterol dan tekanan darah yang bisa saja melonjak.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini