Penting, jika Keluarga Miliki Riwayat Kolesterol, Segera Lakukan Ini

Erika Kurnia, Jurnalis · Sabtu 21 Mei 2016 23:29 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 21 481 1394614 penting-jika-keluarga-miliki-riwayat-kolesterol-segera-lakukan-ini-irefL6mMOt.jpg Kolesterol (Foto: Shutterstock)

KOLESTEROL tinggi adalah salah satu faktor yang meningkatkan risiko berbagai penyakit berat, seperti gagal jantung, stroke, dan gagal ginjal. Meski kebanyakan orang mendapat kolesterol tinggi karena gaya hidup, beberapa orang mendapatkannya karena diturunkan dari keluarga mereka.

Disampaikan konsultan kardiovaskular dari RSCM, Dr Eka Ginanjar, SpPD, KKV, memang ada kolesterol tinggi karena keturunan yang disebut, familial hypercholesterolemia. Kondisi ini menyebabkan LDL atau kadar kolesterol sangat tinggi mulai sejak lahir dan bisa memicu serangan jantung lebih dini.

"Anak yang memiliki kolesterol tinggi dari keluarga memang tidak ada ciri khusus kalau tidak dicek. Kalau kita punya om atau tante yang meniggal dini karena serangan jantung, maka keluarga sedarah yang lain harus cari tahu penyebabnya dan membuat kita lebih waspada," jelasnya dalam talkshow "Berdenyut Sampai Usia Lanjut" yang dihelat Prodia, di FX Mall Senayan, Jakarta, Sabtu (21/5/2016).

Faktor risiko kolesterol dari keluarga tidak akan muncul jika mereka yang berisiko memiliki gaya hidup sehat dari pola makan dan aktivitas fisik. Namun, dokter yang biasa disapa Dr EKG tersebut menganjurkan agar pengecekan kesehatan di laboratorium dilakukan lebih dini untuk pencegahan.

"Tidak ada standar pasti kapan seseorang melakukan cek kesehatan. Tapi untuk pencegahan, disarankan lakukan pemeriksaan kesehatan rutin setahun sekali dengan mengecek gula darah, kolesterol lengkap, fungsi hati, fungsi ginjal, dan untuk jantung tread mill test," pesannya.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini