7 Asupan Penurun Kadar Kolesterol Secara Alami

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 23 Mei 2016 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 22 481 1394827 7-asupan-penurun-kadar-kolesterol-secara-alami-ZYKYcEu4nZ.jpg Lemon bantu turunkan kolesterol (Foto: Boldsky)

ASAM urat yang tinggi dalam darah adalah penyebab utama dari rematik, bahkan beberapa bisa sampai gagal ginjal. Karena itu, Anda harus menganggap serius masalah asam urat yang tinggi.

Kebanyakan kasus, penumpukan asam urat terjadi ketika ginjal tidak mampu berfungsi dengan baik dalam menghilangkan asam urat berlebih. Karena itu, kadar asam urat yang tinggi jika diabaikan juga bisa menyebabkan gagal ginjal.

Untuk menangkalnya, tindakan pencegahan adalah pilihan bijaksana. Tak perlu biaya mahal, Anda bisa mengandalkan obat rumahan alami dari bahan-bahan memasak di dapur. Berikut obat rumahan yang bisa diandalkan untuk mencegah kadar asam urat tinggi :

Cuka apel

Cuka apel sudah sangat populer sebagai bahan detoksifikasi alami. Namun, belum banyak yang mengetahui bila cuka apel bisa dijadikan obat alami untuk menetralkan kadar asam urat. Sifat alkali dari sari cuka apel dapat mencegah asam urat.

Baking soda

Obat rumahan lain yang diperkaya dengan sifat alkali adalah baking soda. Obat rumahan alami ini dapat mencegah penumpukan asam urat. Namun, hal terpenting adalah baking soda mencegah penyakit yang disebabkan kadar asam urat tinggi.

Minyak zaitun

Manfaat kesehatan dari menggunakan minyak zaitun untuk memasak tidak terbatas. Salah satunya adalah sangat bagus untuk menetralkan kadar asam urat.

Studi mengklaim bahwa minyak zaitun menurunkan jumlah vitamin E berlebih yang hadir dalam sistem tubuh. Hal tersebut dapat menyebabkan kadar asam urat tinggi dan berpotensi membahayakan kesehatan.

Biji seledri

Menggunakan biji seledri untuk mengontrol kadar asam urat adalah trik sejak lama. Biji seledri diketahui memaikan peran besar dalam menjaga kadar asam urat tetap terkontrol.

Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang tinggi. Selain itu, lemon memiliki sifat alami yang memungkinkan mengontrol kadar asam urat dan mencegahnya melonjak.

Ceri

Ceri sejak zaman dahulu ternyata telah dikonsumsi secara alami untuk menurunkan kadar asam urat. Ceri mengandung jenis tertentu dari flavonoid yang berperan besar dalam mengontrol kadar asam urat.

Alpukat

Salah satu mineral yang dapat mengontrol kadar asam urat adalah kalium. Seringkali, para ahli menyarankan orang dengan asam urat untuk menjalankan diet kaya kalium agar kadar asam urat terkontrol. Sumber kalium dapat Anda peroleh dari alpukat. Demikian dilansir dari Boldsky.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini