Wow, 10 Makanan Ini Bebas Kolesterol Lho

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 22 Mei 2016 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 22 481 1394831 wow-10-makanan-ini-bebas-kolesterol-lho-0kPW2USQfa.jpg Kentang jika direbus bebas kolesterol (Foto: Thehealthsite)

KOLESTEROL jahat yang tinggi merupakan salah satu penyebab berbagai penyakit, mulai dari hipertensi sampai jantung. Karena itu, ketika LDL atau kolesterol jahat tinggi, Anda harus segera menurunkannya.

Asupan tertentu dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol jahat, termasuk buah-buahan yang mudah untuk diperoleh. Berikut buah-buahan yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat:

Alpukat

Alpukat kaya akan asam lemak omega 3 yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Beberapa studi menemukan bahwa nutrisi dalam alpukat dapat menurunkan kolesterol jahat.

Tomat

Tomat kaya antioksidan, yaitu likopen yang membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Jadi, tambahkan tomat ke salad atau lauk agar memenuhi kebutuhan likopen harian.

Buah-buahan lain

Buah-buahan memang harus menjadi bagian dari diet penurunan kolesterol. Pisang, semangka, lemon, dan apel dapat mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam darah. Selain itu, buah-buahan juga kaya akan serat, sehingga memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan.

Bayam

Bayam mengandung nutrisi seperti pitosterol dan serat. Selain itu, bayam juga bebas lemak yang membuatnya sangat baik untuk dimasukkan ke dalam diet penurunan kolesterol.

Buncis

Kacang polong dan lentil tidak hanya mengandung nol kolesterol, tetapi juga sumber serat. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi kacang, lentil dan kacang polong ke dalam salad.

Bawang putih

Bawang putih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Karena itu, bawang putih dapat mengurangi risiko Anda terkena penyakit jantung.

Kentang

Kentang tidak mengandung kolesterol, tetapi asal tidak digoreng. Kentang rendah lemak trans atau kolesterol. Jadi, siapkan kentang rebus ke dalam menu harian Anda.

Kacang kedelai

Selain rendah lemak jenuh dan tinggi serat, kedelai bebas kolesterol. Tidak hanya akan menambah protein dalam diet, tetapi kentang juga menurunkan kolesterol jahat sebesar 8 sampai 10 persen.

Oatmeal

Oatmeal tidak hanya sumber serat larut, tetapi dapat menjadi teman terbaik untuk menurunkan kolesterol jahat. Anda bisa mengonsumsi oatmeal saat sarapan untuk menurunkan kolesterol jahat.

Biji rami

Biji rami merupakan sumber yang kaya asam alpha linolenat. Kandungan ini dapat menurunkan kolesterol jahat jika dikonsumsi 1-2 sendok makan biji rami. Dilansir dari Thehealthsite, Sabtu (21/5/2016).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini