Peneliti Temukan Cara Tes Tekanan Darah yang Lebih Akurat

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 23 Mei 2016 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 23 481 1395431 peneliti-temukan-cara-tes-tekanan-darah-yang-lebih-akurat-4aG7u0nj3e.jpg Cek tekanan darah (Foto: Menshealth)

PENGECEKAN tekanan darah yang standar dilakukan oleh dokter dan dipahami oleh orang awam hanyalah di satu lengan. Namun, studi baru menemukan bahwa pengecekan tekanan darah di kedua lengan penting untuk menemukan hasil yang akurat.

Peneliti di Inggris melihat bahwa perbedaan pengukuran tekanan darah di setiap lengan bisa menjadi sintal masalah jantung serius. Bahkan ketika ukuran tekanan darah sistolik di lengan kanan dan kiri berbeda 5 sampai 10 mmHg saja, seseorang akan berisiko mengalami kematian akibat penyakit jantung dua kali lipat.

“Sementara itu, perbedaan di bawah angka 5 adalah normal, karena adanya perbedaan pada otot dan jaringan lengan yang asimetris,” kata pemimpin penulis studi, Christopher Clark, PhD, seperti dikutip dari Menshealth, Senin (23/5/2016).

Tapi, perbedaan yang begitu besar pada hasil pengukuran di kedua lengan bisa menunjukkan risiko masalah serius. Salah satunya seperti stenosis, yaitu penyempitan pembuluh darah arteri. Hal ini bisa menyebabkan pembacaan tekanan darah lebih rendah daripada lengan satunya lagi, kata Clark.

“Penyempitan jenis ini bisa mengindikasikan penyakit arteri yang telah menyebar. Hal ini akan memicu berbagai masalah fatal, seperti serangan jantung, stroke, bahkan kematian,” terangnya.

Untuk itu, pada kesempatan berikutnya Anda melakukan pengecekan tekanan darah, Clark menyarankan agar tes dilakukan di kedua lengan secara simultan. Jika tekanan sistolik berbeda lebih dari 5 mmHg, mintalah dokter untuk melakukan pengecekan ulang setelah satu menit.

Jika hasil pembacaan tes yang kedua tetap sama, tes lain seperti tes darah, tes urin, dan EKG, bisa direkomendasikan oleh dokter untuk memastikan adanya masalah seperti diabetes dan masalah ginjal.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini