nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunakan Kopi & Kola untuk Empukkan Daging

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 25 Mei 2016 00:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 05 24 298 1396904 gunakan-kopi-kola-untuk-empukkan-daging-0OThng6oea.jpg Kopi bisa membantu mengempukkan daging (Foto: Thedailymeal)

SETELAH sebelumnya daun salam bisa membuat daging steak empuk, ternyata ada bahan lainnya yang bisa membuat daging empuk.

Dilansir Thedailymeal, berikut bahan yang bisa Anda gunakan untuk mengempukkan daging steik. Selain mudah diperoleh, bahan ini juga cukup terjangkau dari harganya. Gunakan bahan berikut dan dapatkan steik lezat dengan tekstur daging yang empuk.

Teh

Teh bukan hanya bisa dijadikan minuman saja, tetapi juga bisa menjadi bumbu atau bahan untuk mengolah makanan. Salah satunya yakni berfungsi untuk mengempukkan daging steik. Kandungan tannin pada teh bisa membuat tekstur daging sapi khususnya steik akan menjadi lebih empuk. Cara penggunaannya yakni dengan menyeduh teh lalu tuangkan teh ke atas daging dan diamkan beberapa saat.

Jus nanas

Jus nanas kerap ditambahkan saat mengolah daging babi, namun ternyata tidak hanya bisa digunakan pada daging babi tetapi juga daging steik. Jus nanas memberikan rasa manis yang akan menyerap ke dalam daging. Secara alami jus nanas membantu memecah kolagen dan bisa membuat daging steik menjadi lebih lembut.

Jus jeruk

Jeruk memiliki rasa asam yang dominan sehingga bisa membuat daging menjadi empuk. Meskipun air perasan jeruk bisa membuat empuk, sebaiknya Anda tidak menambahkan terlalu banyak karena rasa asam akan mengalahkan bumbu yang Anda tambahkan.

Jahe

Kandungan dalam jahe berupa enzim proteolitik termasuk bahan alami yang bisa melunakkan daging. Selain itu rasa jahe yang pedas segar serta aromanya yang khas bisa menjadi bumbu alami yang cocok ditambahkan pada daging steik sebelum dipanggang.

Kola

Anda sering meneguk minuman bersoda seperti kola? Cobalah tambahkan kola pada steik yang akan Anda olah. Asam dalam kola akan membantu melunakkan daging dan kandungan gulanya menjadi penambah rasa manis alami pada daging saat direndam.

Kopi

Kopi adalah bahan lain yang bisa digunakan untuk melunakkan daging steik. Cara menggunakannya yakni cukup merendam daging dengan larutan kopi selama beberapa saat. Rasa kopi mungkin saja menyerap ke dalam daging namun itu akan menghasilkan aroma yang sedap ketika daging dibakar.

(ndr)

Berita Terkait

tips dan trik masak

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini