nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Akibatnya jika Tidak Membersihkan Wajah

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Sabtu 28 Mei 2016 19:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 05 28 194 1400250 ini-akibatnya-jika-tidak-membersihkan-wajah-GBdYeteUrB.jpg Ilustrasi Tidak Membersihkan Wajah dari Make-up. (Foto: Dailymail)

HAMPIR semua orang tahu pentingnya membersihkan wajah seusai beraktivitas seharian. Namun, sayangnya masih banyak yang mengabaikan ritual ini.

Jika Anda salah seorang yang kerap mengabaikan ritual membersihkan wajah di malam hari, sebaiknya mulailah membiasakan untuk membersihkannya. Para ahli kulit mengemukakan beberapa dampak akibat tidak membersihkan wajah, seperti timbulnya jerawat, infeksi mata, hingga yang paling berisiko adalah penuaan dini.

Menurut ahli kulit dokter Natalie Blakely dari Light Touch Clinic Surrey, tidur merupakan waktu yang tepat untuk melakukan regenerasi. Jika seseorang meninggalkan make-up semalaman, hal tersebut dapat menyebabkan berkurangnya proses regenerasi kulit. Dalam waktu jangka pendek, ketika bangun tidur kulit menjadi tidak bersih dan terlihat kusam. Termasuk kala tidak membersihkan foundation, yang menyebabkan pori-pori kulit menjadi tertutup.

Ingin tahu lebih dalam tentang bahaya tidak membersihkan wajah? Berikut adalah ulasan selengkapnya seperti dilansir Dailymail, Sabtu (28/5/2016).

1. Kulit

Ritual membersihkan wajah di malam hari tidak hanya sekadar menghilangkan make-up. Namun lebih dari itu, juga dapat menghilangkan kotoran dan bakteri yang menempel di wajah seharian. Dengan wajah yang bersih, maka kulit akan lebih mudah mengalami regenerasi. Kulit wajah yang tidak dibersihkan akan menyebabkan kulit menjadi tidak kenyal dan tidak terhidrasi.

2. Mata

Selain kulit, bagian pada wajah yang terkena dampak negatif akibat tidak membersihkan wajah adalah mata. Lantas, apa yang akan terjadi jika seseorang tidak menghapus eye shadow, maskara, dan eyeliner di malam hari? Kata dr Natalie, partikel kecil pada make-up akan masuk ke dalam mata ketika Anda tidur. Resikonya pun dapat menutup pori-pori di sekitar mata. Hal tersebut berbahaya, karena area mata sangat sensitif. Jika tidak bukan tidak mungkin seseorang bisa terkena eczema.

3. Bibir

Bibir juga menjadi salah satu bagian wajah yang akan terkena dampak negatif akibat tidak membersihkan make-up. Jika lipstik atau lip gloss tidak dibersihkan maka bibir akan menjadi kering dan terkelupas.

(FHM)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini