nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trik Menjaga Kulit Cantik dan Sehat di Bulan Puasa

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Sabtu 28 Mei 2016 20:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 05 28 194 1400261 trik-menjaga-kulit-cantik-dan-sehat-di-bulan-puasa-hqW9cmHBY4.jpg Ilustrasi Menjaga Kulit Cantik dan Sehat Selama Puasa dengan Minum Air. (Foto: Trendsmood)

BULAN Ramadan tinggal menghitung hari. Saat menjalankan ibadah puasa, sebaiknya kesehatan serta kecantikan kulit perlu dijaga lebih ekstra.

Ya, selama bulan puasa kulit akan cenderung lebih kering dari biasanya. Hal ini karena selama berpuasa 12 jam, tubuh akan kekurangan cairan. Kekeringan tersebut akibat dari dehidrasi.

“Saat puasa, kulit akan cenderung lebih kering. Apalagi bagi mereka yang memiliki jenis kulit kering akan terasa dua kali lebih kering. Rasanya akan gatal, kaku, dan kemerahan di kulit. Jika berlangsung terlalu lama, akan terjadi kematian sel sehingga kulit mengelupas dan jadi kusam,” kata dr. Sari Chairunnisa, SpKK, Direktur R&D Wardah Cosmetics, yang ditemui Okezone di Plaza Selatan Senayan, Jakarta, Sabtu (28/5/2016).

Bila dehidrasi terjadi pada saat puasa, ungkap dokter Sari, maka kerusakan kulit akan lebih parah karena cairan yang hilang tidak tergantikan. Namun, Anda tidak perlu khawatir, masalah kulit ini dapat diatasi dengan beberapa langkah. Menurut dokter Sari, pertama adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh pada saat sahur dan berbuka.

Dalam sehari, tubuh membutuhkan kurang lebih delapan gelas. Saat puasa, perlu membagi delapan gelas dalam beberapa waktu, mulai dari sahur dan berbuka puasa.

“Misalnya, delapan gelas dibagi beberapa gelas saat sahur, berbuka puasa, sebelum salat tarawih, dan sebelum tidur. Jadi, jangan 'dihajar' empat atau delapan gelas secara langsung saat sahur atau berbuka sekaligus,” imbuh dokter Sari.

Kemudian, trik lainnya adalah senantiasa menggunakan pelembap. Menurut dokter Sari, jika gunakan pelembap yang memiliki kandungan SPF sesuai jenis kulit. “Pemakaian pelembap pun perlu berulang agar kulit terjaga kelembapannya Karena jumlah kandungan SPF berbeda-beda lama waktu bertahannya,” tandasnya.

(FHM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini