Image

Hari Ini, Ajang Indonesian Weekend Menggebrak London

Tuty Ocktaviany, Jurnalis · Sabtu 28 Mei 2016, 09:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 05 28 406 1399980 hari-ini-ajang-indonesian-weekend-menggebrak-london-JY8qoZ29S9.jpg Hari ini, ajang Indonesian Weekend menggebrak London (Foto: Tuty Ocktaviany/Okezone)

PERHELATAN Indonesian Weekend tinggal beberapa jam lagi. Untuk pertama kalinya, London terpilih menjadi tuan rumah ajang yang memperkenalkan kekayaan Indonesia itu.

Indonesia memang mempunyai banyak kekayaan yang melimpah ruah. Tidak hanya pariwisata, tetapi juga fesyen, musik, kuliner, dan seni budaya Tanah Air.

Melalui kekayaan yang dimiliki tersebut, promosi soal Indonesia perlu digencarkan, khususnya di mancanegara. Hal ini demi menggaet turis mancanegara dalam menyumbangkan devisa untuk negara.

Karena itu, Indonesian Weekend menjadi salah satu event unggulan yang siap dihelat di London, mulai hari ini hingga Minggu besok, 28–29 Mei 2016. Event ini pertama kali digelar dan siap menggebrak London yang dikenal sebagai pusat bertemunya banyak turis dunia.

Indonesian Weekend digelar di Potters Field Park, taman yang indah dengan ikon terkenal di London yakni Tower Bridge, di tepi Sungai Thames.

Ali Charisma, national chairman Indonesian Fashion Chamber sekaligus salah satu penggagas Indonesian Weekend, mengatakan kepada Okezone bahwa acara ini menjadi pancingan agar turis Eropa semakin banyak yang mengenal dan mengunjungi Tanah Air.

“Indonesian Weekend di London ibarat ‘launching’ perdana. Acara ini dilakukan saat weekend di luar negeri. Kebetulan di London saat itu ada long weekend, sehingga kami berharap bisa menggaet turis, minimal 20 ribu setiap hari,” tutur Ali Charisma kepada Okezone.

Bekerja sama dengan Komunitas Bangga Indonesia di Inggris, sambung Ali, acara Indonesian Weekend banyak memperkenalkan kekayaan Nusantara. Mulai pariwisatanya, musik, fesyen, kuliner, serta seni dan budaya.

“Kita harus memberikan umpan jika ingin memancing para turis datang ke Indonesia. Tentunya kita ingin menjadi tuan rumah di negara sendiri,” tambah desainer yang sering mengikuti ajang fesyen internasional ini.

Menurut Ali, Indonesian Weekend sekaligus sebagai media riset bagi penyelenggara untuk mengetahui selera masyarakat Eropa.

“Indonesian Weekend bisa mendekatkan dengan konsumen langsung, bisa mengetahui kemauannya apa. Karena ini dekat dengan pariwisata, kita pun bisa menjelaskan ke turis yang hadir bahwa Indonesia mempunyai wisata belanja,” tuturnya.

Indonesian Weekend sendiri melibatkan banyak pihak, seperti Kementerian Pariwisata, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Elhijab, para desainer ternama, musisi, pesilat Nusantara seperti Cecep Arif Rahman, serta Chef Degan dan Chef Gede Susila Yadya.

Selama acara berlangsung, area Potters Field seluas 6.000 meter persegi akan diisi dengan panggung utama bertuliskan ‘Wonderful Indonesia’.

Untuk mengetahui update berita Indonesian Weekend 2016, baca terus di kanal lifestyle.okezone.com yang secara khusus melaporkan dari London.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini