Mana yang Lebih Baik, Teh Hijau atau Teh Hitam?

Erika Kurnia, Jurnalis · Minggu 29 Mei 2016 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 28 481 1399955 mana-yang-lebih-baik-teh-hijau-atau-teh-hitam-UVvRki7b8d.jpg Minum teh hijau jaga kesehatan jantung (Foto: Zeenews)

BANYAK dari kita senang menyeruput secangkir teh di pagi hari atau saat makan di warung. Kebiasaan ini bukan hanya karena alasan kesehatan, tetapi juga karena minum teh telah menjadi tradisi.

Dilansir dari Zeenews, MInggu (29/5/2016), baik teh hijau maupun teh hitam sama-sama diperoleh dari daun Camellia sinensis. Namun, ada beberapa perbedaan di antara keduanya karena metode pengolahan mereka yang berbeda.

Daun teh hijau tidak difermentasi, tapi dipetik dan segera dikeringkan setelah dipanen. Hal ini membuat teh hijau kaya EGCG (epigallactocatechin gallate), antioksidan yang dikenal mampu memerangi kanker, penyakit jantung, dan banyak lagi. Sedangkan teh hitam melalui proses oksidasi, yang disebut fermentasi.

Teh hijau yang sering digunakan sebagai obat tradisional Cina, disarankan untuk dikonsumsi untuk kebugaran fisik. Teh hijau juga direkomendasikan sebagai penghilang dahaga yang sangat baik, sifat dalam teh hijau dapat membantu menghilangkan panas dan zat beracun, juga memperkuat jantung.

Ada juga kafein, bahan aktif yang menjadi kunci dan stimulan untuk membantu meningkatkan fungsi otak dan bahkan membantu menurunkan berat badan. Tapi terlalu banyak konsumsi teh hijau dapat membuat Anda bangun di malam hari.

Di sisi lain, teh hitam, dianggap sebagai minuman yang ideal di musim dingin atau hujan karena mengandung protein yang kaya yang membantu pencernaan serta memelihara dan memperkuat tubuh.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini