4 Fakta Mengejutkan Seputar Yogurt

Dinno Baskoro, Jurnalis · Senin 30 Mei 2016 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 29 298 1400830 4-fakta-mengejutkan-seputar-yogurt-lrcQpC0q4a.jpg Yogurt (Foto:Guardian)

YOGURT adalah produk susu yang kian digemari. Selain karena rasanya yang nikmat, yoghurt sering dikonsumsi karena alasan kesehatan.

Namun perlu diketahui, yogurt punya kisah yang cukup unik. Berikut empat fakta mengejutkan seputar yogurt, seperti dikutip dari Huffingtonpost.

Yogurt berasal dari Turki

Banyak orang mengira bahwa yogurt berasal dari Yunani. Padahal, yogurt itu sebenarnya dari Turki. Jika dilihat dari kata yogurt dalam bahasa Turki. Hal itu merujuk pada kata serapan yog. Itu berasal dari Turki tempo dulu yang bermakna kental dan insentif.

Yogurt tercipta karena ketidak kesengajaan

Yogurt merupakan satu panganan dari susu yang selalu berkembang dari waktu ke waktu. Meski begitu, dalam catatan sejarahnya, yogurt tercipta karena ketidaksengajaan. Tak percaya? Sebuah fakta mengungkap pada zaman dulu, yogurt disimpan dalam wadah yang terbuat dari perut hewan.

Kemudian enzim alami dari bagian tersebut membuat bagian dasar susu mengental dan agak mengendap. Percaya atau tidak, inilah asal usul dari yogurt.

Baik untuk kulit

Tak hanya kerap dijadikan sebagai makanan lezat dan sehat. Yogurt punya banyak manfaat kecantikan. Konon khasiatnya bisa jadi pelembab alami, atasi kulit kering dan kulit kusam.

Greek yogurt ada dimana-mana

Greek yogurt merupakan yoghurt yang disaring hingga teksturnya kental. Yogurt ini begitu populer karena sifatnya fleksibel yang dapat dimasak atau dimakan langsung.

Seperti yang dilaporkan Wall Street Journal, lebih dari sepertiga yogurt yang tersebar di banyak supermarket dan toko kelontong adalah greek yogurt.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini