Sukses Indonesian Weekend London, Ajang Mengenalkan Wajah Nusantara

Tuty Ocktaviany, Jurnalis · Senin 30 Mei 2016 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 30 194 1401287 sukses-indonesian-weekend-london-ajang-mengenalkan-wajah-nusantara-iXGWkGYp1T.jpg Indonesian weekend London (Foto: Tuty/Okezone)

INDONESIAN Weekend berhasil menyedot animo masyarakat dunia di Kota London. Ajang ini mengenalkan wajah Nusantara yang mempunyai banyak kekayaan. Baik pariwisata, kuliner, fesyen, musik, food, serta seni dan budaya.

Selama dua hari penyelenggaraan di area Potters Field, ribuan pasang mata turis dunia tertuju pada ajang Indonesian Weekend di London. Tidak hanya warga London, tetapi juga turis negara lain yang berkunjung di ajang yang memperkenalkan kekayaan Indonesia dalam paket komplet.

“Indonesian Weekend menjadi ajang memperkenalkan wajah Nusantara. Tidak hanya pariwisatanya, tetapi juga fesyen, kuliner, musik, serta seni dan budaya. Mereka bisa mengenal lebih dekat dengan Indonesia, seperti makan bakso dan sate di tepi Sungai Thames sambil menikmati Tower Bridge, London,” tutur Endang Nurdin, ketua Komunitas Bangga Indonesia sekaligus salah satu penggagas acara, kepada Okezone.

 

Endang mengatakan, bahwa Indonesian Weekend disiapkan secara konsep November tahun lalu. Lalu, ide itu menggelinding saja dan ditangkap oleh orang-orang yang mendukung Indonesian Weekend London.

“Ini seperti mimpi. Saya tidak percaya, banyak pihak yang mendukung Indonesian Weekend digelar di London,” tambah Endang. Endang menegaskan, bahwa acara Indonesian Weekend bukan miliknya, melainkan semua pihak.

“Intinya ini untuk country branding. Jadi, tidak hanya Bali saja yang dikenal dunia, tetapi banyak daerah lain yang bagus di Indonesia. Itu bisa dilihat di foto-foto pameran,” jelas Endang senang.

Di lokasi yang sama, Ali mengatakan, bahwa acara ini menjadi pancingan agar turis Eropa semakin banyak yang mengenal dan mengunjungi Tanah Air.

“Indonesian Weekend di London ibarat ‘launching’ perdana. Acara ini dilakukan saat weekend di luar negeri. Kebetulan di London saat ini ada long weekend, sehingga kami bisa menggaet turis dari berbagai penjuru dunia, tidak hanya warga London,” tutur Ali Charisma kepada Okezone.

Ali kembali menambahkan, “Kita harus memberikan umpan jika ingin memancing para turis datang ke Indonesia. Tentunya kita ingin menjadi tuan rumah di negara sendiri,” tutup desainer yang sering mengikuti ajang fesyen internasional ini.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini