nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanpa Fermentasi, Kimchi Juga Bisa Langsung Dimakan

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 30 Mei 2016 15:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 05 30 298 1401211 tanpa-fermentasi-kimchi-juga-bisa-langsung-dimakan-y1jF1SLOTV.jpg Kimchi bisa langsung dimakan tanpa proses fermentasi (Foto: Koreanfood)

MENDENGAR kata Korea pasti tak jauh dari boyband dan girlband ternama asal Negeri Gingseng. Tapi ada satu yang juga tak kalah populer yakni kimchi, makanan tradisional yang sudah dikenal hampir di seluruh belahan dunia.

Banyak orang beranggapan kimchi hanya bisa disantap setelah melalui proses fermentasi yang panjang yang memakan waktu hingga belasan jam ataupun berhari-hari. Tapi ternyata kimchi bisa juga dimakan tanpa melalui proses fermentasi.

Hal ini dikatakan Chef Sunmin Han yang memang berdarah asli Korea. "Kimchi banyak jenisnya, ada yang dibumbui lalu bisa langsung dimakan, ada yang difermentasi sebentar dan ada juga yang fermentasi hingga berhari-hari," kata Chef Han menjelaskan.

Untuk kimchi yang tanpa fermentasi maksudnya adalah bahan baku yang biasanya sayuran kemudian diberi bumbu kimchi lalu langsung disantap. Yang diolah dengan teknik seperti ini juga disebut kimchi.

Chef Han menyebutkan berbagai sayuran bisa diolah menjadi kimchi tanpa fermentasi misalnya sawi, mentimun dan tomat. Kimchi tanpa fermentasi ini memiliki rasa yang lebih segar karena sayuran juga masih sangat fresh. Selain berpengaruh pada rasa, tekstur kimchi tanpa fermentasi ini juga lebih renyah.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini