nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata Ini Hambatan Perempuan ketika Berwiraswasta

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Selasa 31 Mei 2016 08:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 05 31 196 1401850 ternyata-ini-hambatan-perempuan-ketika-berwiraswasta-9BaxyAahds.jpg Ilustrasi entrepreneur (Foto: Idiva)

PEREMPUAN yang merupakan bagian dari penduduk juga memiliki peran penting dalam pembangunan negeri. Karena, perempuan juga bisa melahirkan tenaga kerja yang potensial, kreatif dan produktif.

Ini semua bisa diperoleh melalui industri sektor rumahan atau usaha mikro. Sekiranya, ada 50 juta usaha mikro yang ada di Indonesia, lalu sekira 98 persen pendapatan rakyat Indonesia berasal dari usaha mikro. Serta, yang luar biasa, sekira 50 persen pelaku usahanya adalah perempuan. Sayangnya, ternyata masih banyak pelaku usaha mikro yang notabene adalah rakyat kecil yang melakukan usaha masih ‘mandek’ dalam melakukan usahanya.

Menurut Kepala Deputi Kesetaraan Gender Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA), Heru Prasetyo Kasidi, ada banyak faktor yang menyebabkan usaha mikro tak berjalan optimal, “Perempuan yang melakukan usaha mikro yang mandek dalam melakukan usahanya itu karena kurangnya modal, tak adanya akses pelatihan, kurangnya pengetahuan mengenai produk yang berkualitas, kurang pemasaran, dan minimnya pengetahuan manajemen usaha.”

Tak hanya itu, ditemui di sela penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Kementerian PP dan PA dengan Bupati dan Walikota seluruh Indonesia Heru menambahkan, pelaku usaha kecil juga kurang pendampingan secara berkelanjutan sampai dengan bisa mengepakkan sayapnya sendiri, sehingga mereka minim pengetahuan akan bisnis. Maka dari itu, perlu penanganan secara mandiri dari masing-masing pemerintahan daerah untuk lebih mengembangkan usaha mikro ini.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini