Dibakar, Kenikmatan Baru Minum Kelapa Muda

Dinno Baskoro, Jurnalis · Jum'at 03 Juni 2016 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 03 298 1405825 dibakar-kenikmatan-baru-minum-kelapa-muda-nHl69ghvO4.jpg Dibakar, kenikmatan baru minum kelapa muda (Foto: Dinno Baskoro)

BILA kelapa disuguhkan dengan di sruput langsung, namun untuk olahan satu ini Anda akan terasa berbeda. Pasalnya, kelapanya dibakar dahulu.

KELAPA bisa menjadi inspirasi unik untuk disantap. Tak hanya jadi lebih nikmat, sajian ini juga kaya manfaat.

Khasiatnya cukup banyak, seperti mengobati asam urat, kolesterol, darah tinggi, ginjal, peluruh lemak, hingga menambah stamina.

Chef Yugi membagikan tips dan resep untuk membuat kelapa bakar saat demo masak di Festival Jajanan Pasar Nusantara 2016, di Sleman Yogyakarta.

Jangan kira membuat hidangan ini sulit. Pasalnya, kelapa bakar termasuk minuman yang mudah diaplikasikan di rumah. Berikut resep dan cara membuatnya seperti dibagikan oleh Chef yang tergabung dalam Indonesian Chef Association ini.

Bahan-bahan

4 butir kelapa muda, buka bagian atas dan keruk dagingnya. Potong rata juga bagian bawah agar bisa dibakar.

Sirup rempah:

Air secukupnya

4 batang kayu manis ukuran kecil

2 sdm cengkeh

8 batang serai, memarkan

Gula batu atau gula Jawa sesuai selera

Cara membuat:

1. Letakkan kelapa di atas kompor. Nyalakan dan masak dengan api kecil;

2. Bakar kelapa hingga 15-20 menit atau sampai kelapa terasa cukup panas, tapi jangan sampai mendidih. Ulangi sampai kelapa sudah dibakar semua;

3. Sirup: Sembari kelapa dibakar, buat sirup di kompor lain. Siapkan panci dan masukkan semua bahan sirup. Rebus hingga air sedikit menyusut dan berubah warna. Angkat dan sisihkan;

4. Tuang kelapa bakar dalam wadah. Campur sirup rempah ketika hendak digunakan. Minuman ini bisa dikonsumsi dalam keadaan hangat atau dingin dengan tambahan es batu. Selamat mencoba!

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini