nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rahasia Orang Sehat agar Tidak Sakit (I)

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 03 Juni 2016 16:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 06 03 481 1405455 rahasia-orang-sehat-agar-tidak-sakit-i-iVoh2R8nvy.jpg Kurangi stres agar tak mudah sakit (Foto: Menshealth)

ANDA mungkin kenal setidaknya satu orang yang selalu sehat, bahkan ketika semua orang di sekitar mereka batuk dan pilek. Anda mungkin penasaran apa rahasia mereka untuk tetap sehat.

Dilansir dari Menshealth, Jumat (3/6/2016), sejumlah pria di Amerika Serikat pun dimintai pendapatnya untuk menuturkan cara mereka menjaga dan meningkatkan kesehatan secara umum.

Banyak konsumsi vitamin C

Sam Jernigan dari California meyakinkan bahwa asupan vitamin C yang cukup, baik dari makanan alami atau suplemen bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

"Setiap kali saya mulai merasa tidak enak badan, saya makan suplemen vitamin C hingga empat kali sehari. Saya juga melakukan hal yang sama setiap kali bertemu orang lain yang sakit. Ini berhasil membuat saya tidak sering alami pilek dalam 15 tahun," ujarnya.

Tidur cukup

Amelia Narcisi dari Pennsylvania mengaku tidur 8 sampai 10 jam setiap malam dapat menjaga sistem kekebalan tubuhnya kuat. Penelitian mendukung kebiasaan tersebut karena orang yang tidur hanya 5 sampai 6 jam semalam berisiko 30 persen lebih tinggi menderita flu dan pilek ketika terpapar virus. Sementara itu, mereka yang tidur lebih dari 7 jam mampu mengurangi risiko hingga 17 persen.

Mempekuat mental terhadap sakit

"Ketika orang-orang di sekitar saya mengeluh seberapa sering mereka sakit dalam setahun, saya sendiri mengatakan bahwa saya jarang sakit dan ini benar terjadi. Itulah kekuatan pikiran, "kata Elisa Lowe, seorang perawat dari Pennsylvania.

Dapat tangani stres

Stres telah terbukti melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sementara stres tidak mungkin untuk dihindari, hal yang Anda harus lakukan adalah mengelola stres dengan cara yang sehat, kata Kathy Gruver, PhD, penulis buku “The Alternative Medicine Cabinet”.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini