nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rahasia Orang Sehat agar Tidak Sakit (II-Habis)

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 03 Juni 2016 17:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 06 03 481 1405463 rahasia-orang-sehat-agar-tidak-sakit-ii-habis-xnAMKIq2fn.jpg Rajin berolahraga kunci hidup sehat (Foto: Boldsky)

SEHAT adalah berkah, memang benar. Tapi berkah itu sebagian besar didapat dari usaha menjaga diri dari faktor-faktor yang membuat kita sakit. Menjaga kebersihan, kebugaran, dan tahu batas kemampuan tubuh adalah beberapa kunci yang dipegang orang-orang sehat.

Meminta pendapat dari sejumlah pria Amerika Serikat yang sehat, berikut adalah beberapa rahasia mereka untuk mempertahankan kesehatan tubuh, seperti dikutip dari Menshealth, Jumat (3/6/2016).

Rajin mencuci tangan

Saran ini bukan propaganda iklan seperti yang Anda pikirkan. Menjaga kebersihan mulai dari rajin mencuci tangan adalah rahasia beberapa orang agar terhindar dari penyakit infeksi.

"Saya mencuci tangan saya sepanjang waktu, seperti setelah menyentuh pintu dan tombol lift," kata Dan Collins. “Setiap kali mata saya gatal, saya tidak pernah menggunakan ujung jari saya, kecuali sudah dibersihkan terlebih dulu.”

Rajin olahraga

Olahraga teratur memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda cenderung terhindar dari infeksi saluran pernapasan atas, menurut sebuah studi dalam Journal of Sport dan Ilmu Kesehatan.

"Suami saya dan saya olahraga setidaknya tiga kali seminggu dengan seorang pelatih pribadi untuk beberapa tahun," kata Julie Michener dari Minneapolis. "Saya pikir itu sebabnya saya tidak sakit, bahkan ketika orang lain di kantor saya sakit."

Menghindari keramaian

"Ketika saya sering pulang-pergi kerja dengan transportasi massal, saya selalu sakit," kata Christina Halper dari New Jersey. "Sejak menemukan pekerjaan baru yang memungkinkan saya bekerja di rumah, saya hampir tidak pernah sakit."

Tahu kapan harus istirahat

"Saya tidak pernah pilek sekitar 15 tahun terakhir, tapi saya percaya penyakit bisa datang kapan saja," kata Ken Montgomery dari San Francisco. "Tapi, ketika saya merasa tidak enak badan, saya akan kerja lebih cepat dan memastikan bahwa saya tidur lebih banyak.”

Ketika ia menyadari alarm tubuh tersebut dan mampu mengembalikan fisiknya, ia akan mudah kembali normal. Baginya, mentalitas sehat untuk mau melawan penyakit sangat membantu.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini