nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Efek Samping Mengonsumsi Banyak Garam

Erika Kurnia, Jurnalis · Minggu 05 Juni 2016 21:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 06 05 481 1407036 ini-efek-samping-mengonsumsi-banyak-garam-28abyHSvsO.jpg Ada efek samping mengonsumsi banyak garam (Foto: Google)

KEBIASAAN menambahkan garam untuk rasa asin dalam makanan Anda mungkin harus ditinggalkan. Apalagi jika Anda juga penggemar makanan asin atau “bermecin”. Jumlah garam yang terlalu banyak dikonsumsi memang tidak baik untuk kesehatan.

Garam sendiri selain memberikan rasa untuk makanan kita, juga mampu membantu sistem pencernaan kita untuk menyerap nutrisi, dalam batasan tertentu. Jika sudah berlebihan, berikut beberapa efek samping yang bisa lambat laun dirasakan.

Tekanan darah tinggi

Dilansir dari Zeenews, Minggu (5/6/2016), terlalu banyak asupan garam dalam makanan kita tidak baik untuk kesehatan, karena meningkatkan risiko pengembangan penyakit, seperti tekanan darah tinggi dan stres.

Jika memiliki tekanan darah tinggi, dokter biasanya menganjurkan Anda mengurangi asupan garam dalam diet, karena ini bisa mengurangi kemungkinan mengembangkan penyakit jantung.

Penyakit jantung

Dikatakan bahwa asupan garam yang berlebihan bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, terkait pembuluh darah dan jantung. Jadi, mengurangi konsumsi garam adalah salah satu cara meningkatkan kesehatan jantung.

Dehidrasi

Apakah Anda sering merasa dehidrasi? Jika ya, mungkin Anda mengkonsumsi terlalu banyak garam. Asupan garam yang tinggi dalam diet Anda dapat menyebabkan dehidrasi. Air garam di satu sisi memang baik untuk mengganti cairan tubuh. Tapi ketika aktivitas Anda biasa saja, konsumsi air mineral yang cukup sangat penting.

Badan gemuk karena air

Pernahkah Anda menyadari tubuh Anda di bagian tertentu membengkak? Mengonsumsi terlalu garam bisa Anda salahkan. Retensi air bisa terjadi ketika ada kelebihan cairan dalam tubuh kita, termasuk kulit. Gejalanya adalah pembengkakan di tangan, pergelangan, dan telapak kaki.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini