Tips Menahan Emosi saat Puasa

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Senin 06 Juni 2016 14:16 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 06 196 1407485 tips-menahan-emosi-saat-puasa-Q8rMgFskKX.jpg Menahan emosi saat puasa (Foto: Authoritynutrition)

PUASA tidak hanya mengenai menahan lapar serta dahaga. Puasa juga menahan hawa nafsu dan emosi dalam diri. Jangan sampai ibadah tercoreng karena emosi yang tak terkontrol. Lantaran itu, kontrol emosi dengan cara berikut ini.

Hentikan dan cari fokus lain

Ketika Anda merasa begitu emosional hentikan dengan segera mengingat Tuhan. Lebih baik cari fokus lain, misalnya mengkhusyukan diri untuk beribadah lain atau bekerja.

Ambil nafas dalam

Mengambil nafas dalam-dalam akan membuat Anda lebih tenang karena akan menyalurkan oksigen yang sangat dibutuhkan untuk tubuh dan otak. Selain itu ini juga akan membuat Anda semakin santai.

Visualisasikan kenyamanan

Tak sedikit orang yang akan reda emosinya ketika membayangkan suatu tempat yang nyaman dan merasa damai. Saat dilanda emosi, pejamkan mata bayangkan tempat yang membuat Anda nyaman. Bisa juga dengan memandang pemandangan yang luas atau ambil air wudhu dan bacalah ayat-ayat suci Alquran. Demikian dilansir Wikihow, Senin (6/6/2016).

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini