Image

Waktu yang Tepat Minum Teh Manis saat Puasa

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 07 Juni 2016, 03:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 06 06 481 1407613 waktu-yang-tepat-minum-teh-manis-saat-puasa-m1JVNARwXw.jpg Buka puasa dengan teh manis kembali gula darah yang menurun (Foto: Drivenhealthy)

TEH manis adalah jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi masyarakat, terlebih selama waktu sahur dan berbuka puasa. Minuman manis ini memang bisa memicu rasa tenang dan meningkatkan energi, tapi ada waktu-waktu yang tepat di mana teh sebaiknya dikonsumsi.

Disampaikan dokter spesialis gizi klinik Dr dr Inge Permadi, SpGK, manis dalam minuman teh atau lainnya dapat menaikkan gula darah dengan cepat. Hal ini akan membuat sel yang membutuhkan gula untuk energi segera terisi.

“Teh manis baik dikonsumsi saat berbuka agar membuat gula darah cepat naik. Ini akan memberi bantuan ketika tubuh lemas setelah berpuasa. Itulah mengapa saat berbuka boleh mengonsumsi yang manis,” ujarnya saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Sementara itu, konsumsi gula atau yang manis memang tidak dapat dihindari saat makan sahur. Tetapi konsumsi gula yang cepat diserap seperti dalam minuman manis sebaiknya dibatasi, saran dr Inge.

“Kalau minum teh saat sahur sebaiknya dibatasi karen gula yang cepat diserap dapat membebani kerja insulin. Minum air putih yang terbaik untuk sahur. Disarankan 2 sanpai 3 gelas sampai sebelum imsak, 1-2 gelas saat berbuka dan sampai waktu sebelum tidur cukupi sampai 8 gelas,” pesannya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini