Terapkan Gaya Hidup Ini untuk Cegah Penyakit Asam Urat

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 08 Juni 2016 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 08 481 1409393 terapkan-gaya-hidup-ini-untuk-cegah-penyakit-asam-urat-vO7bwHlcrw.jpg Modifikasi diet untuk cegah asam urat (Foto: Boldsky)

ASAM urat bisa disebbakan oleh gaya hidup tidak sehat, termasuk pola makan. Sejumlah asupan makanan dapat menyebabkan asam urat.

Karena itu, untuk mencegah asam urat salah satunya dengan memodifikasi diet. Secara keseluruhan, menerapkan gaya hidup sehat akan efektif mencegah penyakit asam urat. Berikut gaya hidup untuk mencegah penyakit asam urat yang dilansir dari Thehealthsite, Rabu (8/6/2016).

Modifikasi diet

Makan diet seimbang dan memilih makanan dengan bijaksana. Batasi asupan makanan yang kaya purin, seperti daging, ikan sarden, makarel, kerang dan buncis. Karena, makanan-makanan tersebut dapat meningkatkan kadar asam urat dan memperburuk gejala penyakit asam urat.

Jangan minum jus buah buatan yang tinggi fruktosa dan dapat meningkatkan asam urat dalam darah. Cobalah makan makanan yang sehat dan rendah kandungan lemak. Selain itu, mengonsumsi lebih banyak makanan kaya antioksidan seperti buah anggur, nanas, ceri dan blueberry.

Berhenti merokok dan minum alkohol

Kedua kebiasaan tersebut dapat memperburuk gejala asam urat. Merokok menggangu metabolisme tubuh, sedangkan alkohol meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Aktif bergerak

Gaya hidup aktif adalah salah satu faktor kunci yang dapat mencegah penyakit asam urat. Selain itu, gaya hidup aktif juga mengalahkan penyakit gaya hidup penyertanya seperti kolesterol tinggi, diabetes dan hipertensi.

Menjaga berat badan

Menjaga berat badan sangat penting mengendalikan asam urat. Jika Anda kelebihan berat badan, saat untuk menurunkan berat badan. Tapi, jangan menjalankan diet ketat. Karena, penurunan berat badan yang cepat dapat menyebabkan ketosis dan menyebabkan serangan asam urat. Lebih bijak jika mengikuti program penurunan berat badan secara bertahap.

Hindari pemicu

Jauhi makanan yang bisa memicu serangan asam urat, termasuk tomat. Para peneliti telah menemukan bahwa tomat paling sering memicu serangan asam urat selain dari seafood, alkohol dan daging merah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini