nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Kulit Anda Gatal Setelah Berkeringat

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 10 Juni 2016 12:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 06 10 481 1411245 alasan-kulit-anda-gatal-setelah-berkeringat-C4pBcSvqs6.jpg Ilustrasi (Foto: Medicaldaily)

KETIKA Anda berkeringat Anda mungkin merasakan sensasi mengejutkan yang mendorong Anda untuk menggaruknya. Setelah berolahraga yang menguras keringat, rasa gatal bahkan bisa menjalar ke seluruh bagian tubuh. Mengapa ini terjadi?

“Kulit gatal sebenarnya merupakan respons yang cukup umum saat kita banyak bergerak atau berolahraga,” kata Michael J Ryan, PhD, profesor ilmu olahraga di Fairmont State University, dikutip dari Menshealth, Jumat (10/6/2016).

Ketika Anda bergerak, jantung Anda memompa lebih banyak darah ke otot Anda yang bekerja, seperti paha Anda saat berjalan atau dada saat mencoba latihan angkat beban. Pompaan darah dari jantung ini kemudian mengisi jutaan kapiler di kulit Anda.

"Saat kapiler terisi penuh darah, mereka merangsang sel-sel saraf di sekitarnya, yang pada gilirannya mengirimkan sinyal kembali ke otak Anda," jelas Ryan. Hasilnya? Otak Anda menerjemahkannya sebagai sinyal gatal.

Satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi gatal adalah mempertahankan latihan rutin. Jika Anda berolahraga secara teratur, otak Anda akan terbiasa dengan sinyal dan mulai mengabaikan mereka.

“Tapi semakin Anda jarang berolahraga atau berkeringat, maka akan semakin intens rasa gatal yang akan dirasakan,” kata Ryan. Jika gatal diikuti ruam, bentol, dan rasa pusing, hubungi dokter untuk memastikan kondisi yang mungkin lebih serius, seperti urtikaria akibat olahraga.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini